TRANSFORMASI PROMOSI DIGITAL OBJEK PARIWISATA DIKABUPATEN
PKM
Kata Kunci:
Media Sosial, Promosi, Digital, Pariwisata, SamosirAbstrak
Tujuan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat khususnya dikabupaten Samosir mengenai penggunaan Media sosial dimana masyarakat khususnya para siswa diharapkan mampu mengefisiensikan penggunaan Media Sosial dalam mempromosikan objek pariwisata yang ada dikabupaten Samosir. Penggunaan Media Sosial yang tepat dapat mempopulerkan objek pariwisata di kabupaten Samosir sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir. Kemuadian diharapkan pula para siswa tidak hanya menggunakan media sosial untuk tujuan yang negatife dan tidak bermanfaat tapi mampu menjadi ujung tombak promosi objek pariwisata di samosir sehingga terpenuhhinya peningkatan pendapatan pada aspek wisata kemudian berdampak pada terpenuhinya kebutuhan keluarga dan tercapainya keseahteraan keluarga dikabupaten Samosir. SMA Negeri 1 Simanindo yang terletak di Kecamatan Simanindo yang terletak yang terletak di Kabupaten Samosir merupakan sebuah sekolah yang berada di daerah objek pariwisata dengan 70% orang tua siswa dan masyarakatnya mendapatkan penghasilan dari aktifitas pariwisata di Samosir.
Referensi
Asri, Nuryah. 2018. Pelatihan Pemanfaatan media Sosial Untuk Promosi Pariwisata dan Potensi Kearifan Lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garuta SMA/MA. Grasindo: Jakarta.
Batubara, S., Wahyuni, S., Hariyanto, E., & Lubis, A. (2021). Webinar Menangkal Cyberporn Pada Internet dan Android Memanfaatan Add Ons dan Aplikasi Antipornografi Parental Control Di SMA Panca Budi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 164–173. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9048
Batubara, S., Wahyuni, S., & Iqbal, M. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Web ( Studi Kasus : Perpustakaan Kecamatan Medan Belawan ). Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 1, 145–148.
Dasmi Husin, Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online pada Para Pedagang Kecil di Kota Lhoksemawe. 2019. Jurnal Vokasi. Vol 3. No.1
Deddy Prihadi, “Pengaruh Kemampuan e-comerce dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran” Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.3 No.1, Juni 2018. Hal.15-20
Heri Irawan, “Penerapan E-Commerce Berbasis Website Utuk Meningkatkan Pangsa Pasar Penjulana Keripik UD Aduhai Gampong Karangnyar Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa” Seminar Nasional Teknik Industri, Lhokseumawe-Aceh, Agustus 2017. Hal 13-14
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. Vol.4 No.1 Juni 2018. Hal 17-25
Riya Widayanti, Pemanfaatan Media Sosial untuk Penyebaran Informasi Kegiatan Sekolah Menengah Kejuruan Pasundan Tangerang. Jurnal Abdimas ,Vol. 1. No. 2, 2015
S. Karim, Abdul. 2019; Pemanfaatan media Sosial Sebagai media Informasi UPT. Puskesmas Porsea. Vol 2 No2. JURDIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) ROYAL.
Wahyuni Sri, Penjualan Online Ikan Asin Sebagai Salah satu Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Bagan Deli. Jurnal Ethos, Vol. 8 No.1, 2020
Wahyuni, S., Harianto, E., Batubara, S., Pembangunan, U., Budi, P., Sains, F. S., … Budi, P. (2020). Optimalisasi Aplikasi Media Sosial Dalam mendukung Objek Pariwisata Geol. 3(2), 129–134.