Strategi Pengembangan Branding Digital untuk Meningkatkan Jumlah Subcriber YouTube Pada Bintang Bintang Cinema
Kata Kunci:
Branding Digital, YouTube, subscriber, media sosialAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini berkonsentrasi pada pentingnya penerapan strategi pengembangan branding digital untuk meningkatkan jumlah subscriber YouTube pada Bintang-bintang Cinema. Pemahaman peserta dalam branding digital untuk mengoptimalkan media sosial, terutama YouTube sebagai alat untuk membangun dan meningkatkan audiens sebagai pencapaian target, merupakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan perpaduan 2 metode, yaitu penyampaian materi secara teoritis dan dilanjutkan dengan praktek langsung. Pelaksanaan praktek bagi peserta dimulai dari konsep pemanfaatan media sosial, diikuti dengan strategi pembuatan konten yang relevan, sampai dengan pengaturan teknis sebelum melakukan unggah video. Pelaksanaan pengabdian ini melibatkan 17 peserta pengabdian yang terdiri dari ketua dan tim Bintang-bintang Cinema. Hasil dari kegiatan pelatihan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan bagi seluruh peserta khususnya dalam membuat, mempersiapkan konten yang sesuai dengan topik, melakukan optimasi kanal YouTube, dan dapat memanfaatkan video analytics untuk evaluasi kinerja dari konten. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mitra atau peserta untuk memperluas jangkauan audiens, meningkatkan kepercayaan diri dari peserta, serta dapat membangun kreativitas peserta secara berkelanjutan
Referensi
Hollebeek, L. D., & Macky, K. (2019). Digital Content Marketing’s Role in Fostering Consumer Engagement, Trust, and Value: Framework, Fundamental Propositions, and Implications. Journal of Interactive Marketing, 45(May), 27–41. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.07.003
Kristanto, T., Naufal Prayudi, M., & Yuniar Rochmah, W. (2025). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness di YouTube. Jurnal Ilmiah Bisnis Digital, 1(2), 67–76. https://doi.org/10.69533/cvrf7303
Kusuma, A., Darma, D., & Sari, S. R. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Engagement Rate, Impression dan Reach. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 9(2), 105–116. https://doi.org/10.14710/lenpust.v9i2.49483
Larastri, A. R., & Sinduwiatmo, K. (2024). Membangun Merek Pribadi Sunny Dahye di Saluran YouTube-nya. Journal of Technology and System Information, 1(3), 16. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2520
Mahendra Putra Mangarapian, W. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Digital Kreasi Indonesia Dalam Meningkatkan Subscriber Channel Nussa Official Di Youtube Melalui Instagram. Jurnal Visi Komunikasi, 19(1), 25. https://doi.org/10.22441/visikom.v19i1.9838
Martínez-López, F. J., Anaya-Sánchez, R., Fernández Giordano, M., & Lopez-Lopez, D. (2020). Behind influencer marketing: key marketing decisions and their effects on followers’ responses. Journal of Marketing Management, 36(7–8), 579–607. https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1738525
Priambodo, M. L., & Abadi, T. W. (2024). Membangun Identitas: Keberhasilan Personal Branding di Panggung YouTube Indonesia. Interaction Communication Studies Journal, 1(2), 97–108. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2883
Risanti, D. D., Rois, M. F., Fadhilah, N., Priambodo, T. G. S., Sanjoyo, B. A., Ariastita, P. G., Aparamarta, H. W., & Abadi, I. (2023). PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Sebagai Instrumen Peningkatan Budaya Keilmiahan dan Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Surabaya. Sewagati, 7(5), 810–820. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i5.655
Santosa, S., Novianti, R., Anggraeni, T., Elizabeth, & Gustriandi, A. (2021). STRATEGI DIGITAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM INDONESIA (STUDI PADA UMKM DESA GELAM JAYA, KABUPATEN TANGERANG). National Conference on Applied Business, Education,&Technology (NCABET), 202–214. http://ncabet.conferences-binabangsa.org/index.php/home/article/view/17/27
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ninik tri hartanti, Nur Aini, Joko Dwi Santoso, Juarisman, Irma Suwarning

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.