Strategi Pengembangan Branding Digital untuk Meningkatkan Jumlah Subcriber YouTube Pada Bintang Bintang Cinema

Penulis

  • ninik tri hartanti Universitas Amikom Yogyakarta
  • Nur Aini Universitas Amikom Yogyakarta
  • Joko Dwi Santoso Universitas Amikom Yogyakarta
  • Juarisman Universitas Amikom Yogyakarta
  • Irma Suwarning Universitas Amikom Yogyakarta

Kata Kunci:

Branding Digital, YouTube, subscriber, media sosial

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini berkonsentrasi pada pentingnya penerapan strategi pengembangan branding digital untuk meningkatkan jumlah subscriber YouTube pada Bintang-bintang Cinema. Pemahaman peserta dalam branding digital untuk mengoptimalkan media sosial, terutama YouTube sebagai alat untuk membangun dan meningkatkan audiens sebagai pencapaian target, merupakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan perpaduan 2 metode, yaitu penyampaian materi secara teoritis dan dilanjutkan dengan praktek langsung. Pelaksanaan praktek bagi peserta dimulai dari konsep pemanfaatan media sosial, diikuti dengan strategi pembuatan konten yang relevan, sampai dengan pengaturan teknis sebelum melakukan unggah video. Pelaksanaan pengabdian ini melibatkan 17 peserta pengabdian yang terdiri dari ketua dan tim Bintang-bintang Cinema. Hasil dari kegiatan pelatihan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan bagi seluruh peserta khususnya dalam membuat, mempersiapkan konten yang sesuai dengan topik, melakukan optimasi kanal YouTube, dan dapat memanfaatkan video analytics untuk evaluasi kinerja dari konten. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mitra atau peserta untuk memperluas jangkauan audiens, meningkatkan kepercayaan diri dari peserta, serta dapat membangun kreativitas peserta secara berkelanjutan 

Referensi

Hollebeek, L. D., & Macky, K. (2019). Digital Content Marketing’s Role in Fostering Consumer Engagement, Trust, and Value: Framework, Fundamental Propositions, and Implications. Journal of Interactive Marketing, 45(May), 27–41. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.07.003

Kristanto, T., Naufal Prayudi, M., & Yuniar Rochmah, W. (2025). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness di YouTube. Jurnal Ilmiah Bisnis Digital, 1(2), 67–76. https://doi.org/10.69533/cvrf7303

Kusuma, A., Darma, D., & Sari, S. R. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Engagement Rate, Impression dan Reach. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 9(2), 105–116. https://doi.org/10.14710/lenpust.v9i2.49483

Larastri, A. R., & Sinduwiatmo, K. (2024). Membangun Merek Pribadi Sunny Dahye di Saluran YouTube-nya. Journal of Technology and System Information, 1(3), 16. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2520

Mahendra Putra Mangarapian, W. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Digital Kreasi Indonesia Dalam Meningkatkan Subscriber Channel Nussa Official Di Youtube Melalui Instagram. Jurnal Visi Komunikasi, 19(1), 25. https://doi.org/10.22441/visikom.v19i1.9838

Martínez-López, F. J., Anaya-Sánchez, R., Fernández Giordano, M., & Lopez-Lopez, D. (2020). Behind influencer marketing: key marketing decisions and their effects on followers’ responses. Journal of Marketing Management, 36(7–8), 579–607. https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1738525

Priambodo, M. L., & Abadi, T. W. (2024). Membangun Identitas: Keberhasilan Personal Branding di Panggung YouTube Indonesia. Interaction Communication Studies Journal, 1(2), 97–108. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2883

Risanti, D. D., Rois, M. F., Fadhilah, N., Priambodo, T. G. S., Sanjoyo, B. A., Ariastita, P. G., Aparamarta, H. W., & Abadi, I. (2023). PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Sebagai Instrumen Peningkatan Budaya Keilmiahan dan Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Surabaya. Sewagati, 7(5), 810–820. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i5.655

Santosa, S., Novianti, R., Anggraeni, T., Elizabeth, & Gustriandi, A. (2021). STRATEGI DIGITAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM INDONESIA (STUDI PADA UMKM DESA GELAM JAYA, KABUPATEN TANGERANG). National Conference on Applied Business, Education,&Technology (NCABET), 202–214. http://ncabet.conferences-binabangsa.org/index.php/home/article/view/17/27

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2025

Terbitan

Bagian

Artikel