SOSIALISASI PENERAPAN SERVICE EXCELLENT OLEH LOAN SERVICE PADA BANK BTN KANTOR CABANG MEDAN (KCP MEDAN HELVETIA)

Penulis

  • Rahmat Gusrifa Universitas Pembangunan Panca Budi

Kata Kunci:

Service Excellent, Loan Service, Kepuasan Nasabah, Bank BTN;

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep service excellent oleh tim Loan Service pada Bank BTN Kantor Cabang Medan (KCP Medan Helvetia), guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, khususnya dalam layanan produk kredit perumahan. Service excellent sangat penting untuk menciptakan kepuasan nasabah dan mempertahankan loyalitas mereka dalam jangka panjang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui sosialisasi yang melibatkan seluruh staf dan manajer pada divisi Loan Service, dengan metode ceramah, diskusi, dan simulasi penerapan prinsip-prinsip service excellent dalam proses pelayanan. Fokus dari sosialisasi ini mencakup beberapa aspek penting, seperti kecepatan, keterampilan komunikasi, responsivitas terhadap keluhan, serta sikap ramah dan profesional dalam berinteraksi dengan nasabah. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman terkait pentingnya penerapan service excellent dalam meningkatkan pengalaman nasabah. Selain itu, peserta juga mampu mengidentifikasi beberapa area yang perlu diperbaiki dalam pelayanan, seperti proses administrasi dan penanganan keluhan nasabah. Pengabdian ini diharapkan dapat membantu Bank BTN KCP Medan Helvetia dalam mengoptimalkan pelayanan kepada nasabah serta memperkuat daya saingnya di industri perbankan.

Referensi

Chrisna, H., Hernawaty, H., & Noviani, N. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PELAKU UMKM DI DESA PEMATANG SERAI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 1010–1015.

Hariyanto, E., & Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Internet Sehat Bagi Anggota Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Mozaik Desa Pematang Serai. Jurnal ABDIMAS BSI, 3(2), 253–259.

Hermansyah, H., Wijaya, R. F., & Wahyuni, S. (2024). Desain Aplikasi Cinta Mangrove Berbasis Mobile Di Desa Kota Pari Dengan Metode Waterfall. Senashtek 2024, 2(1), 42–48.

Lubis, A., Nababan, E. B., & Wahyuni, S. (2022). PENINGKATAN SDM PROMOSI DINAS PARIWISATA SAMOSIR MELALUI PELATIHAN WEBSITE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4576–4586.

Sebayang, S., Nuzuliati, & Wahyuni, S. (2021). Edukasi Kepada Perangkat Desa Tentang Motivasi Kerja Kepemimpinan dan Budaya Organisasi. 1(1), 51–58.

Siregar, M., Zamriyetti, Wahyuni, S., & Rahmaniar. (2021). Pelatihan Sistem Tanam Hidroponik Kepada Para IBu Jalasenastri FASHARKAN Belawan. Jurnal Abdimas Hawari, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–17.

Wahyuni, S., Batubara, S., & Mendalin, O. (2021). TRANSFORMASI PROMOSI DIGITAL OBJEK PARIWISATA DIKABUPATEN: PKM. Jurnal Abdimas HAWARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–33.

Wahyuni, S., Hariyanto, E., & Sebayang, S. (2022). Pelatihan Camtasia Pada Guru SD Panca Budi Untuk Mendukung Transformasi Digital Sekolah Masa Pandemi Covid-19. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 59–67.

Wahyuni, S., & Mesra, B. (2022). Mozaik BUMDES Waste Bank Application Development Using Android-Based GPS. Jurnal Mantik, 6(3), 2781–2788.

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2022a). Implementation of the Ternakloka Application membership method in increasing livestock sales in Kota Pari Village. International Conference on Sciences Development and Technology, 2(1), 197–202.

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2022b). Implementation of the Ternakloka Application membership method in increasing livestock sales in Kota Pari Village. International Conference on Sciences Development and Technology, 2(1), 197–202.

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2022c). Inovasi Penjualan Ternak Sapi dan Kambing Berbasis Website Menggunakan Metode Agile Scrumban. Brahmana: Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 4(1A), 93–99.

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2023a). TERNAKLOKA: A WEB-BASED MARKETPLACE FOR QURBAN AND AQIQAH. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 9(2), 249–254.

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2023b). Ternakloka: a Web-Based Marketplace for Qurban and Aqiqah. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 9(2), 249–254.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2025

Terbitan

Bagian

Artikel