Pengelompokan Tamu Hotel Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i4.107Kata Kunci:
hotel Guest CLustering, K-Means Clustering, Room Preferences, Hotel ManagementAbstrak
Research This research applies the K-Means Clustering method to identify groups of hotel guests based on their room preferences, duration of stay and level of satisfaction. The results of this research have great potential to help hotel management improve service quality and marketing strategies. The main focus of the research is on guest satisfaction and resource optimization. Using K-Means Clustering data analysis, this research aims to uncover common patterns among hotel guests, enabling management to allocate resources more efficiently. By understanding guest preferences regarding rooms and length of stay, management can better customize their hotel services and facilities. Apart from that, this research also aims to increase guest satisfaction by identifying factors that influence satisfaction levels. With a deeper understanding of guest needs and preferences, management can take appropriate steps to improve the guest experience. The results of this research can also have significant marketing implications. By understanding different guest profiles, hotels can design more effective marketing strategies and target specific promotions to specific groups of guests based on their characteristics. Overall, this research has the potential to help hotels improve guest satisfaction and operational efficiency through better understanding guest preferences and grouping them based on certain factors.
Unduhan
Referensi
Anik Andriani, 2014, Sistem Rekomendasi Promosi Hotel Pada Wisatawan
Mancanegara Berbasis Data Mining, Jurnal: Manajemen Informatika
AMIK BSI Yogyakarta
Baginda Harahap, 2021, Implementasi K-Means Clustering Terhadap Mahasiswa
yang Menerima Beasiswa Yayasan Pendidikan Battuta di Universitas
Battuta Tahun 2020/2021 Studi Kasus Prodi Informatika, Jurnal:
Manajemen Informatika Universitas Labuhanbatu
Corie Mei Helyana, 2023, Penerapan Algoritma K-Means Terhadap Kunjungan
Wisatawan Asing di Hotel Berbintang di Indonesia, Jurnal: Sistem
Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika
Entin Sutinah, 2019, Data Mining Klasifikasi Tamu Hotel Dengan Algoritma DOI: https://doi.org/10.33558/piksel.v7i1.1653
Apriori, Jurnal: Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Erika Silvia Sihombing, 2012, Implementasi Data Mining Memggunakan Metode
Apriori Pada Transaksi Penjualan Barang, Jurnal: Teknik Informatika STT
Adisujipto Yogyakarta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Agung Wahyudi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.