Audit Sistem Informasi Dfengan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi di Fakultas Ilmu Komputer (UPN “Veteran” Jawa Timur)

Penulis

  • Fiqi Akbar Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.61306/jnastek.v4i2.122

Kata Kunci:

Teknologi Informasi, cobit 4.1, Manajemen Teknologi Informasi, Evaluasi, Keamanan Proses

Abstrak

Pentingnya peran Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung efisiensi dan efektivitas organisasi, terutama di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, memunculkan kebutuhan untuk mengevaluasi manajemen TI. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 sebagai instrumen untuk menilai keamanan, keandalan, dan kinerja sistem informasi. Fokus penelitian adalah pada empat domain utama COBIT, yaitu Planning dan Organization, Acquisition and Implementation, Delivery and Support, serta Monitoring and Evaluation. Menggunakan enam tingkat kematangan COBIT, penelitian ini mengevaluasi manajemen TI di Fakultas Ilmu Komputer. Metode penelitian kualitatif melibatkan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil analisis menunjukkan kematangan tingkat 3 hingga 4 untuk sebagian besar subdomain, dengan perbedaan di DS4 yang mencapai tingkat 1. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kematangan, terutama pada DS2, DS5, dan DS10. Kesimpulan penelitian menyoroti perlunya upaya terus-menerus untuk meningkatkan manajemen TI, dengan fokus pada keberlanjutan layanan, keamanan, dan manajemen masalah. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi Fakultas Ilmu Komputer dalam mengoptimalkan pengelolaan TI sesuai dengan standar COBIT 4.1.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Wardani, S and Puspitasari, M. 2014. “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Mengunakan Framework Cobit Dengan Model Maturity Level (Studi Kasus Fakultas ABC)”. Jurnal. Teknologi. volume 07. 38–46.

Gustiarni, I., and Putra, S. A., Murahartawaty “Pengembangan Aplikasi e-university : Sistem Infromasi Pengelolaan Audit Teknologi Informasi Berbasis Risiko M enggunakan Framework COBIT Versi 4.1”.

IT Governance Institute. COBIT 4.0: Chicago, 2007.

Wahono, B, B. 2015. “Peningkatan Layanan Sistem Informasi Kesehatan (Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara)”. SIMETRIS, volume 6, 1, 101–110. DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.244

Supradono, B. 2011. “Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) Pada Layanan Dan Dukungan Teknologi Informasi (Kasus : Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang)” vol. 11.

I. G. Institute. (2007). COBIT Ver. 4.1 : Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models. Rolling Meadow.

Supriyatna, A., & Edi, E. (2020). Penerapan COBIT 4.1 pada Domain Delivery and Support (DS) dan Monitoring and Evaluate (ME) untuk Mengukur Tingkat Kematangan Sistem Pelayanan. Teknois: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 10(2), 80-88. DOI: https://doi.org/10.36350/jbs.v10i2.94

Mukarromah, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis layanan RF Mobile menggunakan COBIT Domain Deliver and Support (DS). Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 141-145. DOI: https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.140

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Akbar, F. (2024). Audit Sistem Informasi Dfengan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi di Fakultas Ilmu Komputer (UPN “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 4(2), 100–109. https://doi.org/10.61306/jnastek.v4i2.122