Perancangan Antarmuka Aplikasi Serve-U Dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v4i3.146Kata Kunci:
Design Thingking, pekerja, UI/UX, Aplikasi Mobile, Mobile Application, designAbstrak
Era digital telah memberkati orang-orang dengan alat-alat luar biasa yang dapat membuat hidup mereka jauh lebih mudah, dan desain UI/UX (User Interface/User Experience) juga merupakan salah satunya. Dengan menempatkan pengguna sebagai pusatnya, metodologi Design Thinking membantu mengembangkan solusi yang efektif. Salah satu masalah global yang paling mendesak, yang bahkan lebih umum terjadi di negara-negara berkembang, adalah pengangguran dan ketidakcocokan pekerjaan yang terjadi sebagai akibat dari kesenjangan antara peluang kerja yang tersedia dan keterampilan pencari kerja. Teknologi telah menawarkan solusi dengan menyediakan platform yang dapat diakses oleh para penyedia jasa tanpa memandang sertifikasi akademis mereka. Dikembangkan dengan menggunakan Design Thinking, Serve-U memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi layanan mikro yang penting seperti layanan transportasi, kurir, atau pembantu rumah tangga yang dibutuhkan di daerah perkotaan. Makalah ini memberikan prototype yang mudah digunakan dan efektif antara pengguna dan penyedia layanan untuk melakukan pekerjaan mikro, yang mulai mengatasi masalah perkotaan.
Kata Kunci: Design Thinking, ketenagakerjaan mikro, pengalaman pengguna, aplikasi mobile, layanan perkotaan.
Unduhan
Referensi
REFERENSI
W. Mahendra Ardiansyah, “Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital,” JMEB J. Manaj. Ekon. Bisnis, vol. 1, 2024, [Online]. Available: https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jmeb/article/download/89/73 DOI: https://doi.org/10.59561/jmeb.v1i01.89
A. P. Rahman and S. Wahyu, “Perancangan Model User Experience (UX) Pada Aplikasi Mobile Pendaftaran Pasien di Puskesmas dengan Pendekatan Design Thinking dan Usability Testing,” Proceeding KONIK (Konferensi Nas. Ilmu Komputer), vol. 6, pp. 041–048, 2023, [Online]. Available: https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/215
F. Effendi et al., “Perancangan Antarmuka Aplikasi Monteer dengan Metode Design Thinking,” MDP Student …, pp. 384–391, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1785
S. Suhandi, W. Wiguna, and I. Quraysin, “Dinamika Permasalahan Ketenagakerjaan Dan Pengangguran Di Indonesia,” J. Valuasi J. Ilm. Ilmu Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 268–283, 2021, doi: 10.46306/vls.v1i1.28. DOI: https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.28
M. T. Tombeng and M. E. F. Muju, “Perancangan Aplikasi Jasa Kuli Bangunan Berbasis Android Menggunakan Metode Throw-Away Prototype,” TeIKa, vol. 13, no. 01, pp. 69–78, 2023, doi: 10.36342/teika.v13i01.3072. DOI: https://doi.org/10.36342/teika.v13i01.3072
J. Maylia Suhendro, M. Sudarma, and D. Care Khrisne, “Rancang Bangun Aplikasi Seluler Penyedia Jasa Perawatan Dan Kecantikan Menggunakan Framework Flutter,” J. SPEKTRUM, vol. 8, no. 2, p. 68, 2021, doi: 10.24843/spektrum.2021.v08.i02.p9. DOI: https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2021.v08.i02.p9
R. Cahyaningtyas and S. Iriyani, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan,” Indones. J. Netw. Secur., vol. Vol. 4, No, pp. 15–20, 2015.
Zulkifli, Fachruddin, and Nurhaliza, “SATE - Trolley,” no. November, p. 18, 2017. DOI: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2017.18.2.289
M. Telaumbanua, “5 Tahap Design Thinking menurut Stanford,” 2019. https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design-thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9
A. Swarnadwitya, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya,” 2020. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/ (accessed May 30, 2024).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Adrian Suparto, Michael Joy Clement, Brilliant Chandra Pratama, Fernando Ferliansyah, M Lazuardi Ferdillian, Muhammad Rizky Pribadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.