Analisis Sentimen terhadap Kurikulum Merdeka di MTS Al Ishlah Medan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
Kata Kunci:
Analisis Sentimen, Kurikulum Merdeka, Algoritma Naïve Bayes, InSetLexicon, TF-IDFAbstrak
Kurikulum Merdeka merupakan salah satu inovasi pendidikan terbaru di Indonesia yang bertujuan meningkatkan kebebasan belajar peserta didik dan otonomi guru dalam menyusun pembelajaran. Namun, implementasinya menimbulkan beragam tanggapan dari para pelaku pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen siswa dan guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di MTS Al Ishlah Medan. Dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes, data komentar diklasifikasikan menjadi sentimen positif dan negatif. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan observasi, kemudian diolah menggunakan teknik preprocessing teks seperti tokenisasi, normalisasi, stopword removal, TF-IDF, dan pelabelan menggunakan kamus InSetLexicon. Hasil analisis terhadap 60 komentar menunjukkan bahwa 75% memiliki sentimen positif dan 25% negatif. Evaluasi model menunjukkan nilai akurasi sebesar 83% atau 0.83, precision dan recall masing-masing serta F1-score 91% atau 0.91 untuk kelas negatif. Temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas responden merespon Kurikulum Merdeka secara positif. Penelitian ini memberikan masukan yang berguna bagi institusi pendidikan dan pembuat kebijakan dalam mengevaluasi efektivitas kurikulum baru ini.
Unduhan
Referensi
Rudi Hartono, I Wayan Suastra, and I Wayan Lasmawan, “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Melestarikan Budaya Nusantara,” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 823–828, 2023, doi: 10.62775/edukasia.v4i2.356.
N. A. Fatirul, “Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik),” Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 02, pp. 56–67, 2022, doi: 10.58812/spp.v1.i02.
D. A. Ramdani, A. Hasanah, and B. S. Arifin, “Core Ethical Values Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 10, pp. 7891–7899, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i10.3010.
Q. A’yun, M. B. A. Pamungkas, I. S. D. Agustin, I. Zahroh, R. G. Afandi, and Z. Zulkarnaen, “Penerapan nilai iman, takwa dan akhlak mulia profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter islami siswa,” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 16, no. 1, pp. 9–20, 2023, doi: 10.32832/tawazun.v16i1.8650.
F. Juwita, M. Masudi, and S. Zulaiha, “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Sdit Cahaya Rabbani Kepahiang,” 2024.
Alfandi Safira and F. N. Hasan, “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Paylater Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 59–70, 2023, doi: 10.31849/zn.v5i1.12856.
N. Mayasari, C. Rizal, and F. Wulandari, “Penerapan Metode Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Berbasis Website,” vol. 06, no. 02, pp. 27–30, 2024.
N. Khoirunnisaa, K. N. N. Kesuma, S. Setiawan, and A. Y. P. Yusuf, “Klasifikasi Teks Ulasan Aplikasi Netflix Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan SVM,” SKANIKA: Sistem Komputer Dan Teknik Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 64–73, 2024.
W. Erika, “Application of Data Mining to Predict Sales of the Best-Selling Dolls at Chudalla Store Using the K-Nearest Neighbor ( K-NN ) Method,” vol. 3, no. 1, 2023.
R. Puspitasari, “KEBIJAKAN BARU SKRIPSI PADA MEDIA SOSIAL,” vol. 05, no. 03, pp. 37–42, 2024.
V. A. Fitri, R. Andreswari, and M. A. Hasibuan, “Sentiment analysis of social media Twitter with case of Anti-LGBT campaign in Indonesia using Naïve Bayes, decision tree, and random forest algorithm,” Procedia Comput Sci, vol. 161, pp. 765–772, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.181.
S. Batubara, T. Wahyono, A. Khaliq, Y. Ennisa Lubis, and D. Julia Sari, “Website-Based Online Job Training Application Design Using the Unified Modeling Language,” Sciences Development and Technology, vol. 2, no. 1, 2022.
Z. Syahputra, M. I. Sarif, R. S. Ritonga, A. Husniyyah, U. Pembangunan, and P. Budi, “E-KEDE APPLICATION DEVELOPMENT IN INCREASING UMKM SALES BASED ON SDLC,” vol. 4307, no. 4, pp. 1605–1610, 2024.
I. Ramadhan, “Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas,” Journal of Education Research, vol. 4, no. 4, pp. 1846–1853, 2023.
A. Badawi, “the Effectiveness of Natural Language Processing (Nlp) As a Processing Solution and Semantic Improvement,” International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), vol. 2, no. 1, pp. 36–44, 2021, doi: 10.53695/injects.v2i1.194.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 WIRABUANA WIRABUANA, Afif Badawi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.