APLIKASI PELAYANAN PUSKESMAS DI BINJAI SELATAN DENGAN FITUR METODE SERVICE QUALITY BERBASIS WEB

Penulis

  • Muhaya Aribsyah Raihan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Muhammad Zen
  • Aminuddin Indra Permana

Kata Kunci:

Puskesmas, Pelayanan Kesehatan, Aplikasi Web, Service Quality, UML, MySQL

Abstrak

Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama memiliki peran strategis dalam memberikan layanan kepada
masyarakat. Namun, di Puskesmas Binjai Selatan masih terdapat kendala seperti keterbatasan informasi layanan, antrean
pendaftaran yang panjang, serta kurangnya media untuk menyampaikan kritik dan saran. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang dan mengembangkan aplikasi pelayanan Puskesmas berbasis web dengan penerapan metode Service Quality guna
mengukur dan meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman
web, basis data MySQL, dan dirancang menggunakan pemodelan Unified Modeling Language (UML). Sistem dirancang
dengan dua aktor utama, yaitu administrator dan masyarakat, yang memungkinkan pengelolaan data pelayanan, akses
informasi, pendaftaran daring, serta evaluasi terhadap kualitas layanan. Melalui pendekatan ini, aplikasi diharapkan dapat
meningkatkan efektivitas pelayanan, mempercepat proses administrasi, dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap
layanan Puskesmas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. Fachri and M. Zen, “Rancang Bangun Sistem Informasi Posyandu Ibu Dan Anak Berbasis Web,” Penerbit Tahta Media, 2023.

B. Fachri, H. Hendry, and M. Zen, “Perancangan Sistem Informasi Posyandu Ibu Dan Anak Berbasis Web,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 49–54, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i1.737.

I. Irwan and M. Zen, “Implementation of Food Ordering Application System Design in a Coffee Shop Using the Multilevel Feedback Queue Algorithm,” J. Info Sains Inform. dan Sains, 2023.

M. Efniasari, A. Wantoro, and E. R. Susanto, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum (Studi Kasus: Puskesmas Kisam Ilir),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 56–63, 2022.

P. Dan and P. Wonorejo, “Evaluasi Sistem Dokumentasi Kearsipan Aspek,” vol. 6, no. 2, pp. 1874–1878, 2025.

L. Y. Lestari, “Implementasi Rekam Medis Elektronik Melalui SIKDA di UPTD Puskesmas Sukarasa Kota Bandung,” Pros. FRIMA (Festival Ris. …, vol. 6681, no. 7, pp. 912–918, 2024.

I. Nurhakim, A. Voutama, U. S. Karawang, and T. Timur, “DENGAN VISUALISASI DATA INTERAKTIF DI POWER,” vol. 13, no. 2, pp. 904–912, 2025.

C. Christian and A. Voutama, “Implementasi Aplikasi Antrian Pencucian Mobil Berbasis Web Menggunakan Php, Javascript, Html, Css Dan Uml,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 2243–2248, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i2.9460.

S. Supiyandi, M. Zen, C. Rizal, and M. Eka, “Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3986.

N. Kumala Dewi, A. Ariffien, and E. Dwi Sparingga, “Model Logistic Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Stuctural Equation Modelling Pada Kantor POS Kotabumi,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 4, pp. 204–209, 2023, doi: 10.60083/jidt.v5i4.440.

M. A. Fais and S. Mohamad, “Analisa Perbaikan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality Studi Kasus (Restoran AKS),” Ind. Syst. Eng. Journals, vol. 2, no. 2, pp. 177–182, 2024, doi: 10.37477/isejou.v2i2.616.

R. C. Ningrat and A. Kurnianto, “Rossita Cipta Ningrat 1 , Andreas Kurnianto 2* , Prihanto 3 Tinjauan Literature: Analisis Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas 290,” vol. 13, no. 2, 2024.

M. Hawwin Murtadho and M. Susanti, “Analisa Kualitas Website Smpit Mutiara Baru Menggunakan Metode Webqual 4.0,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 4160–4166, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9857.

F. H. Al-fajr and M. Agreindra, “PERANCANGAN WEBSITE PROFILE COMPANY ONE FOR ALL CHICKEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LAVEL Website Design Company Profile One for All Chicken Using Lavel Framework,” 2024.

M. Zen, I. Irwan, H. Hafni, and M. D. P. Ananda, “Perancangan Sistem Informasi Tracer Study Universitas Pembangunan Panca Budi Medan,” Senashtek, 2024.

S. Pranoto, S. Sutiono, Sarifudin, and D. Nasution, “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi,” Surpl. J. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 384–401, 2024.

D. R. Hidayat, M. Hendri, and S. Ramadhany, “Jurnal Informatika Press PERANCANGAN APLIKASI RENTAL MOBIL MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN ( STUDI KASUS : CV . MAVIOSO MANDIRI RENTAL MOBIL ) Jurnal Informatika Press,” vol. 2, no. 2019, pp. 30–35, 2025.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2025

Cara Mengutip

Raihan, M. A., Zen, M., & Permana, A. I. (2025). APLIKASI PELAYANAN PUSKESMAS DI BINJAI SELATAN DENGAN FITUR METODE SERVICE QUALITY BERBASIS WEB. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 5(3), 367–375. Diambil dari https://publikasi.hawari.id/index.php/jnastek/article/view/219

Terbitan

Bagian

Artikel