Minat Siswa Kelas 1 SMA dalam Ekstrakurikuler Futsal Dengan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Penulis

  • muhammad hasanuddin Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Bayu Eka Susanto Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Sujatmiko Ginting Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Fakhri Rizaldi Universitas Pembangunan Panca Budi

Kata Kunci:

Minat siswa, ekstrakurikuler futsal, UTAUT, SMA Swasta Al Maksum, Desa Cinta Rakyat, teknologi informasi.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa kelas 1 SMA Swasta Al Maksum yang terletak di Desa Cinta Rakyat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal, dengan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). UTAUT merupakan sebuah model teoritis yang dikembangkan untuk menjelaskan niat dan perilaku pengguna dalam menerima serta menggunakan teknologi. Dalam konteks penelitian ini, model UTAUT digunakan untuk melihat bagaimana faktor-faktor seperti performance expectancy (harapan terhadap kinerja), effort expectancy (kemudahan penggunaan), social influence (pengaruh sosial), dan facilitating conditions (kondisi pendukung) berkontribusi terhadap minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 64 siswa kelas 1, terdiri dari 32 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk menguji sejauh mana pengaruh masing-masing variabel dalam model UTAUT terhadap minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance expectancy dan social influence memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal. Sebaliknya, effort expectancy dan facilitating conditions menunjukkan pengaruh yang tidak terlalu dominan. Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap manfaat kegiatan futsal dan dorongan dari lingkungan sosial, seperti teman sebaya dan guru, menjadi faktor utama dalam meningkatkan minat siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pihak sekolah dalam menyusun strategi pengembangan ekstrakurikuler yang lebih efektif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa, khususnya dalam mendorong partisipasi aktif pada kegiatan futsal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Masnawati, D. Darmawan, and M. Masfufah, “Peran ekstrakurikuler dalam membentuk karakter siswa,” Pus. Publ. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 4, pp. 305–318, 2023.

M. Asbari, D. Novitasari, S. Wardoyo, and F. Lafendry, “Membangun Lingkungan Belajar Positif: Seminar Implementasi Disiplin Positif di Sekolah Menengah Atas,” Niswantara J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 01, pp. 8–14, 2024.

F. P. Anugrah, E. Susianti, and R. Afrinaldi, “Analisis Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di MTs Ghoyatul Jihad Karawang: Pengelolaan Ekstrakurikuler Futsal,” J. Speed (Sport, Phys. Educ. Empower., vol. 5, no. 01, pp. 35–44, 2022.

S. Rahmah and R. Z. Amanda, “Peningkatan Skill Santri Dayah Madinatuddiniyyah Jabal Nur melalui Kegiatan Ekstrakurikuler: Model dan Proses,” ITQAN J. Ilmu-ilmu Kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 97–110, 2023.

N. C. Maulida and S. A. Pranajaya, “Pengentasan degradasi minat belajar pada siswa remaja,” Tarb. Wa Ta’lim J. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 7–16, 2018.

D. A. Dewi, I. P. Indah, M. S. Muliana, and N. Rohman, “Peran Teknologi dalam Mendukung Proses Pembelajaran Aktif di Era Digital,” JUGI J. Guru Inov., vol. 1, no. 2, pp. 78–87, 2024.

I. Saputra and A. Febrian, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI DENGAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) DI STASIUN LAMBUANG BUKITTINGGI,” J. Keuang. dan Manaj. Terap., vol. 6, no. 1, 2025.

F. Andini and I. Hariyanti, “Penerapan Model Utaut 2 Untuk Memahami Perilaku Penggunaan Oasis Di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung,” Naratif J. Nas. Riset, Apl. dan Tek. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–10, 2021.

D. S. Hasanah and M. Iqbal, “PENERAPAN METODE SOCIAL COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA SISTEM PENJUALAN GALERI KOPERASI DAN UMKM WUBI,” vol. 5, pp. 18–26, 2025.

N. Khairun, E. Syafitri, S. Wulandari, P. Sugesti, and S. Indria, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT Mahasiswa FKIP Universitas Asahan,” GERAM Gerak. Aktif Menulis, vol. 11, no. 2, pp. 43–54, 2023.

F. Syakinah, “Factors Influencing Gen Z’s Intention In Adopting Islamic Fintech Payment Digital Services,” JPS (Jurnal Perbank. Syariah), vol. 5, no. 1, pp. 70–89, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

17-07-2025

Cara Mengutip

muhammad hasanuddin, Bayu Eka Susanto, Sujatmiko Ginting, & Fakhri Rizaldi. (2025). Minat Siswa Kelas 1 SMA dalam Ekstrakurikuler Futsal Dengan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 5(3), 475–481. Diambil dari https://publikasi.hawari.id/index.php/jnastek/article/view/223

Terbitan

Bagian

Artikel