Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran yang di Personalisasikan Berdasarkan Mata Kuliah Studi Kasus Program Studi Sistem Komputer UNPAB
Kata Kunci:
Personalized Learning, Pembelajaran Adaptif, Pendidikan Tinggi, Teknologi Pendidikan, Sistem Pembelajaran Personal, Smart LearningAbstrak
Teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk dalam strategi pengajaran pada berbagai mata kuliah. Salah satu pendekatan inovatif yang muncul adalah Personalized Learning System (PLS), yaitu sistem pembelajaran yang dirancang untuk menyesuaikan materi, metode, dan kecepatan belajar berdasarkan karakteristik individual mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pembelajaran personal khusus untuk mata kuliah Jaringan Komputer, serta menganalisis potensi dan tantangan implementasi Personalized Learning Systems di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital pendidikan tinggi yang lebih inklusif, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan individu mahasiswa serta menjadi bahan evalusi terhadap sistem pembelajaran personal yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi pembelajaran pada mata kuliah Jaringan Komputer yang menggunakan metode Personalized Learning System memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar dan performa akademik mahasiswa. Aplikasi ini merekomendasikan integrasi Personalized Learning System ke dalam kurikulum berbasis teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih adaptif, efektif, dan berkelanjutan di tingkat perguruan tinggi.
Unduhan
Referensi
N. Alifah and A. R. Hidayat, “Jurnal Pendidikan Progresif Effectiveness of Artificial Intelligence-Based Learning Analytics Tool in Supporting Personalized Learning in Higher Education,” vol. 15, no. 01, pp. 74–84, 2025, doi: 10.23960/jpp.v15i1.pp.
C. Merino-campos, “The Impact of Artificial Intelligence on Personalized Learning in Higher Education : A Systematic Review,” 2025.
E. T. Khor, “education sciences A Systematic Review of the Role of Learning Analytics in Supporting Personalized Learning,” 2024.
M. Elsandra, P. Dewi, S. Prawiladilaga, and K. I. Nursetyo, “Pemanfaatan Prinsip Personalisasi Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Designing E- Learning,” vol. 05, no. 01, pp. 56–62, 2022.
M. Zen, I. Irwan, H. Hafni, and M. D. P. Ananda, “Perancangan Sistem Informasi Tracer Study Universitas Pembangunan Panca Budi Medan,” Senashtek, 2024.
T. Purwoningsih, W. Inayanto, and M. Yunus, “EXPLORING THE SYNERGY OF AI AND LEARNING ANALYTICS : A NEW PARADIGM FOR PERSONALIZED LEARNING IN DISTANCE,” vol. 5, pp. 403–413, 2024.
C. Dziuban, C. R. Graham, P. D. Moskal, A. Norberg, and N. Sicilia, “Blended learning : the new normal and emerging technologies,” pp. 1–16, 2018, doi: 10.1186/s41239-017-0087-5.
P. Studi, P. Agama, F. Tarbiyah, U. Islam, Z. Hasan, and J. Timur, “JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan,” vol. 6, no. 2, pp. 436–448, 2025.
E. A. Honey and R. I. Syakirin, “Penerapan Model Pembelajaran Personal Dalam Mendukung Diferensiasi Pengajaran Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus,” vol. 1, no. 2, pp. 6–8, 2023.
B. Fachri, H. Hendry, and M. Zen, “Perancangan Sistem Informasi Posyandu Ibu Dan Anak Berbasis Web,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 49–54, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i1.737.
A. Masrukhin, “Role of Personalized Learning Program by Learning Management System in Higher Education in Binus Bandung Indonesia †,” 2024.
A. M. Tirado, P. Mulholland, and M. Fernandez, “Towards an Operational Responsible AI Framework for Learning Analytics in Higher Education,” vol. 1, no. 1.
W. Strielkowski, V. Grebennikova, A. Lisovskiy, and T. Vasileva, “AI-driven adaptive learning for sustainable educational transformation,” no. September 2024, pp. 1921–1947, 2025, doi: 10.1002/sd.3221.
C. Romero and S. Ventura, “Educational Data mining and Learning Analytics : An updated survey”.
K. Mirari, “The Effectiveness of Adaptive Learning Systems in Personalized Education,” no. 2020, pp. 107–115, 2022.
E. Sabagh, I. J. Educ, T. High, and H. A. El Sabagh, “Adaptive e ‑ learning environment based on learning styles and its impact on development students ’ engagement,” Int. J. Educ. Technol. High. Educ., 2021, doi: 10.1186/s41239-021-00289-4.
A. Elena, G. Roldán, M. E. R. González, D. Bañeres, and A. E. Ejjaberi, “Experiences in the use of an adaptive intelligent system to enhance online learners ’ performance : a case study in Economics and Business courses,” Int. J. Educ. Technol. High. Educ., 2021, doi: 10.1186/s41239-021-00271-0.
B. Hutahaean et al., “Analysis of Innovative and Adaptive Higher Education Curriculum Development to Education 5 . 0 Based Challenges in Indonesia,” vol. 23, no. 4, pp. 76–98, 2024.
S. Supiyandi, M. Zen, C. Rizal, and M. Eka, “Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3986.
Z. Pan, L. Biegley, A. Taylor, and H. Zheng, “A Systematic Review of Learning Analytics – Incorporated Instructional Interventions on Learning Management Systems,” vol. 11, no. 2, pp. 52–72, 2024.
Fahmi, K., Wahyuni, S., Iqbal, M., and E. Hariyanto, “Implementation of the IMAKOM Organization Presence (Computer Student Association) Panca Budi Medan Development University Using QR Code-Based ID Cards: Implementation of the IMAKOM Organization Presence (Computer Student Association) Panca Budi Medan Deve,” J. Mantik, 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 fahrul syahrijal panjaitan, Muhammad Iqbal, Herdianto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.