ANALISIS KESUKSESAN WAREHOUSE DIGITALIZATION (WADIG) MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN (STUDI KASUS : ASTRA MOTOR)

Penulis

  • Syifah Paujiah Universitas Gunadarma
  • Dewi Agushinta R. universitas gunadarma
  • Edy Nursanta Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i2.27

Kata Kunci:

Analisis Kesuksesan, Digitalization Supply Chain, ISSM, SmartPLS

Abstrak

Dalam hal perkembangan usaha, kinerja Supply Chain Management dan strategi informasi tidak dapat dihindarkan untuk perusahaan terus maju. Berbagi informasi dalam rantai pasokan berbasis teknologi atau biasa disebut Digitalization Supply Chain (DSC) sangat penting dilakukan. Astra Motor sejak tahun 2016 telah mengembangkan aplikasi DSC yang diberi nama WArehouse DIGitalization (WADIG) dan pada bulan Maret 2018 aplikasi tersebut sudah diimplementasikan ke sebagian besar cabang Honda Sales Operation (HSO). Setelah suatu sistem informasi memasuki fase implementasi dalam siklus hidup pengembangan sistem informasi, perlu dilakukan penelaahan pasca implementasi. Efektivitas WADIG (seberapa jauh sistem tersebut dapat mencapai sasaran-sasarannya) dan faktor apa saja yang mempengaruhi dalam kesuksesan implementasi aplikasi tersebut dianalisis dan diteliti. Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi The Updated DeLone & McLean. Sebelum dilakukan pengolahan data menggunakan SmartPLS, dilakukan uji validitas, reliabilitas dan linearitas dari tiap indikator yang meliputi kualitas layanan, kualitas informasi, kualitas sistem, kepuasan pengguna serta dampak individu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan aplikasi WADIG ini sukses dan berhasil dalam memberikan manfaat bagi penggunanya, khususnya operator gudang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Holmberg, “A systems perspective on supply chain measurements,” Int. J. Phys. Distrib. Logist. Manag., vol. 30, no. 10, pp. 847–868, Jan. 2000, doi: 10.1108/09600030010351246. DOI: https://doi.org/10.1108/09600030010351246

R. McLeod, Systems analysis and design : an organizational approach. Fort Worth The Dryden Press, 1994.

I. Ghozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). 2014.

I. G. A. Setiawan, “STRATEGI BERSAING TOKO RITEL ‘Strategi Digitalisasi Rantai Pasokan Pamella Supermarket Yogyakarta,’” Ncab, pp. 472–478, 2019, [Online]. Available: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7773.

D. H. Shin and S. Kim, “Web services architecture for m-learning,” Electron. J. e-Learning, vol. 2, no. 1, pp. 203–216, 2012.

H. Latan and I. Ghozali, Partial least squares : konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 2.0 M3 untuk penelitian empiris / Hengky Latan, Imam Ghozali. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2012.

I. G. N. M. Jaya and I. M. Sumertajaya, “Pemodelan Persamaan Structural dengan Partial Least Square,” Semnas Mat. dan Pendidik. Mat. 2008, pp. 118–132, 2008.

Unduhan

Diterbitkan

04-05-2022

Cara Mengutip

Paujiah, S., Agushinta R., D., & Nursanta, E. (2022). ANALISIS KESUKSESAN WAREHOUSE DIGITALIZATION (WADIG) MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN (STUDI KASUS : ASTRA MOTOR). Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 2(2), 55–67. https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i2.27