Desain User Interface Sistem Informasi Desa Klambir Lima Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Mobile
Kata Kunci:
Desain User Interface, Design Thhinking, Desa Klambir Lima Hamparan Perak, Mobile, PrototypingAbstrak
Berdasarkan hasil pengamatan di Desa Klambir Lima, untuk saat ini di daerah tersebut belum diterapkan aplikasi berbasis mobile, sehingga masyarakat tidak mudah untuk mengetahui gambaran umum yang ada di Desa Klambir Lima Hamparan Perak. Desain user interface Desa Klambir Lima berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara keseluruhan Desa Klambir Lima Hamparan Perak yang meliputi halaman beranda, galeri, informasi publik, buku tamu, dan contact us. Desain aplikasi berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking ini terdiri dari 5 (lima) tahapan yang meliputi empahatize, define, ideate, prototipe dan test. Hasil dari desain user interface ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi yang ada di Desa Klambir Lima Hamparan Perak.
Unduhan
Referensi
Dewi, E. Z., Fransisca, M., Handayani, R. I., & Cahyanti, F. L. D. (2022). Analysis and Design of UI/UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method. Sinkron, 7(4), 2329–2339. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i4.11505
Garini, N. A., Putra, R. R., Wulandari, H., Pembangunan, U., & Budi, P. (2025). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI PERAWATAN KUCING PADA PETSHOP SERBELAWAN MENGGUNAKAN METODE, 4307(1), 596–603.
Hasan, A., Binjai, K., Yanti, A. D., Wulandari, H., & Arista, R. D. (2025). Desain dan Pembangunan Aplikasi Augmented Reality untuk Pengenalan Huruf Alphabet secara Interaktif pada Siswa dan Siswi Raudhatul Athfal, 5.
Ikhlas, M. I., & Zukhri, Z. (2022). Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track. Automata, 3(2), 1–10.
Kurniasari, E., Reyhandera, R. N., & Kembaren, S. B. (2025). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI / UX Aplikasi Tafsir Mimpi Menggunakan Figma, 13, 2212–2221.
Maulana, R. R., Sumaryana, Y., Anwar, D. S., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., & Perjuangan, U. (2024). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI RENTAL MOBIL INDOCAR BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN, 12(3).
Pamungkas, M. G. R., Muliawati, A., & Indarso, A. O. (2021). Perancangan User Interface Sistem Informasi Desa Menggunakan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Desa Sukamanah). Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA), (April), 1–9. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1251/1009
Prayogi, Y. A., & Setiyawati, N. (2024). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi E-Learning Umkm Salatiga Menggunakan Metode Design Thinking. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 402–415. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4218
Rizki Hermawan, A., & Suranto, B. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience Website E-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Universitas Islam Indonesia.
Sefina Samosir, R., & Purwandari, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC Web-Based Digital Literacy using R&D and MDLC Methods. Techno.Com, 19(2), 157–167. https://doi.org/10.33633/tc.v19i2.3318
Wajdi, M. F., & Tandililing, M. (2022). Implementasi Metode Research and Development (R & D) Pada Aplikasi Pengelolaan Arsip. Jurnal Informatika Progres, 14(1), 33–40. https://doi.org/10.56708/progres.v14i1.320
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Heni Wulandari, Suherman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.