Desain User Interface Sistem Informasi Desa Klambir Lima Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Mobile

Penulis

  • Heni Wulandari Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Suherman Universitas Pembangunan Panca Budi

Kata Kunci:

Desain User Interface, Design Thhinking, Desa Klambir Lima Hamparan Perak, Mobile, Prototyping

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan di Desa Klambir Lima, untuk saat ini di daerah tersebut belum diterapkan aplikasi berbasis mobile, sehingga masyarakat tidak mudah untuk mengetahui gambaran umum yang ada di Desa Klambir Lima Hamparan Perak. Desain user interface Desa Klambir Lima berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara keseluruhan Desa Klambir Lima Hamparan Perak yang meliputi halaman beranda, galeri, informasi publik, buku tamu, dan contact us. Desain aplikasi berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking ini terdiri dari 5 (lima) tahapan yang meliputi empahatize, define, ideate, prototipe dan test. Hasil dari desain user interface ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi yang ada di Desa Klambir Lima Hamparan Perak.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, E. Z., Fransisca, M., Handayani, R. I., & Cahyanti, F. L. D. (2022). Analysis and Design of UI/UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method. Sinkron, 7(4), 2329–2339. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i4.11505

Garini, N. A., Putra, R. R., Wulandari, H., Pembangunan, U., & Budi, P. (2025). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI PERAWATAN KUCING PADA PETSHOP SERBELAWAN MENGGUNAKAN METODE, 4307(1), 596–603.

Hasan, A., Binjai, K., Yanti, A. D., Wulandari, H., & Arista, R. D. (2025). Desain dan Pembangunan Aplikasi Augmented Reality untuk Pengenalan Huruf Alphabet secara Interaktif pada Siswa dan Siswi Raudhatul Athfal, 5.

Ikhlas, M. I., & Zukhri, Z. (2022). Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track. Automata, 3(2), 1–10.

Kurniasari, E., Reyhandera, R. N., & Kembaren, S. B. (2025). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI / UX Aplikasi Tafsir Mimpi Menggunakan Figma, 13, 2212–2221.

Maulana, R. R., Sumaryana, Y., Anwar, D. S., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., & Perjuangan, U. (2024). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI RENTAL MOBIL INDOCAR BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN, 12(3).

Pamungkas, M. G. R., Muliawati, A., & Indarso, A. O. (2021). Perancangan User Interface Sistem Informasi Desa Menggunakan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Desa Sukamanah). Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA), (April), 1–9. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1251/1009

Prayogi, Y. A., & Setiyawati, N. (2024). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi E-Learning Umkm Salatiga Menggunakan Metode Design Thinking. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 402–415. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4218

Rizki Hermawan, A., & Suranto, B. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience Website E-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Sefina Samosir, R., & Purwandari, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC Web-Based Digital Literacy using R&D and MDLC Methods. Techno.Com, 19(2), 157–167. https://doi.org/10.33633/tc.v19i2.3318

Wajdi, M. F., & Tandililing, M. (2022). Implementasi Metode Research and Development (R & D) Pada Aplikasi Pengelolaan Arsip. Jurnal Informatika Progres, 14(1), 33–40. https://doi.org/10.56708/progres.v14i1.320

Unduhan

Diterbitkan

05-09-2025

Cara Mengutip

Wulandari, H., & Suherman. (2025). Desain User Interface Sistem Informasi Desa Klambir Lima Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Mobile. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 5(4), 955–963. Diambil dari https://publikasi.hawari.id/index.php/jnastek/article/view/294

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama