DESIGN THINKING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN USABILITAS DAN INTERFACE QUALITY PADA ASWAYA

Penulis

  • afifah trista ayunda universitas pradita
  • Wahyu Tisno Atmojo Universitas Pradita
  • Erick Dazki Universitas Pradita
  • Masriah Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.61306/jnastek.v5i4.321

Kata Kunci:

Aswaya, Design Thinking, SUS, PSSUQ, Usabilitas

Abstrak

Aswaya merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan Universitas Pradita untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa, mulai dari penyampaian materi, pengumpulan tugas, hingga interaksi dengan dosen dan mahasiswa. Namun, hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pemanfaatan Aswaya belum sepenuhnya efektif dan masih belum memenuhi harapan manajemen. Kendala utama dialami pengguna terkait desain antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang dinilai kurang optimal, sehingga menurunkan kenyamanan serta motivasi dalam menggunakan platform tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, digunakan metodologi Design Thinking yang berfokus pada kebutuhan pengguna melalui pendekatan kreatif dan iteratif. Proses evaluasi dilakukan dengan pengujian prototipe menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ). Hasilnya, skor SUS pada iterasi pertama mencapai 75 dan nilai PSSUQ pada iterasi kedua sebesar 6. Temuan ini menunjukkan bahwa Aswaya telah memenuhi standar kegunaan yang baik, meskipun peningkatan pada kualitas informasi masih diperlukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

U. I. Negeri and R. Intan, “PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW KENI APRILIA SAPUTRI, BAHARUDIN, AGUS FAISAL ASYHA, SYAIFUL BAHRI, IDA FADIRATUL HASANAH, QONITA SHABIRA,” vol. 4, no. 4, [Online]. Available: https://jurnalp4i.com/index.php/learning

D. Supriatna et al., “Pengaruh E-Learning Sebagai Pengembangan Karir Terhadap Karyawan Generasi Milenial Di Bank Central Asia (BCA),” Oktober-Januari. [Online]. Available: http://bisnisman.nusaputra.ac.id

M. I. Alkhawaja, M. S. A. Halim, M. S. S. Abumandil, and A. S. Al-Adwan, “System Quality and Student’s Acceptance of the E-learning System: The Serial Mediation of Perceived Usefulness and Intention to Use,” Contemp Educ Technol, vol. 14, no. 2, 2022, doi: 10.30935/CEDTECH/11525.

Cita Tresnawati, Fitri Aryanti, and Lilis Suhaerah, “Flipped LearningDalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Fotosintesis Dimasa Pandemik Covid-19,” 2022.

M. M. Fakhri, D. D. Andayani, A. B. Kaswar, A. Zahra Adistia, and D. Fadhilatunisa, “Dampak Penerapan Flipped Classroom Terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 127–138, May 2023, doi: 10.21107/edutic.v9i2.18353.

D. Novianti, “REDESIGN USER INTERFACE WEBSITE UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4300.

U. U. Sufandi and D. A. Aprijani, “PENGUKURAN USABILITY APLIKASI WEB MENGGUNAKAN METODE PSSUQ (STUDY KASUS: APLIKASI SITTA UNIVERSITAS TERBUKA),” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 11, no. 2, pp. 249–256, Aug. 2022, doi: 10.23887/jstundiksha.v11i2.43534.

A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, Sep. 2022, doi: 10.20885/snati.v2i1.16.

A. F. Heristyanto, A. T. Garnadi, and A. H. Al-Hadid, “Analisis Kepuasan Pengguna Website E-Learning Nusa Mandiri Perihal UI/UX dengan Metode E-Service Quality,” remik, vol. 6, no. 4, pp. 729–737, Oct. 2022, doi: 10.33395/remik.v6i4.11819.

D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.

D. Avriel, I. 1✉, B. Huda, S. S. Hilabi, and B. Priyatna, “Penerapan Desain UI/UX Pada Sistem Penjualan Berbasis Web Dengan Metode Desain Thingking,” 2024.

A. Ronny Julians and E. Sediyono, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI FORUM DISKUSI INFORMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2023.

A. A. Chairunnisa, S. Widodo, N. Wachid, A. Majid, and K. Kunci, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.”

S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, Jul. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.

E. Kaban, K. Candra Brata, and A. Hendra Brata, “Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN),” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

R. A. Malik and M. R. Frimadani, “Lean UX: Applied PSSUQ to Evaluate Less-ON UI/UX Analysis and Design,” International Journal of Advances in Data and Information Systems, vol. 4, no. 1, pp. 73–85, Apr. 2023, doi: 10.25008/ijadis.v4i1.1263.

W. Riyadi and Kurniabudi, “Analisis Usability Aplikasi Belanjo Dengan PSSUQ Dan UMUX,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 240–251, Oct. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.2.811.

Unduhan

Diterbitkan

06-12-2025

Cara Mengutip

trista ayunda, afifah, Wahyu Tisno Atmojo, Erick Dazki, & Masriah. (2025). DESIGN THINKING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN USABILITAS DAN INTERFACE QUALITY PADA ASWAYA. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 5(4), 1092–1102. https://doi.org/10.61306/jnastek.v5i4.321

Terbitan

Bagian

Artikel