DESIGN THINKING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN USABILITAS DAN INTERFACE QUALITY PADA ASWAYA
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v5i4.321Kata Kunci:
Aswaya, Design Thinking, SUS, PSSUQ, UsabilitasAbstrak
Aswaya merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan Universitas Pradita untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa, mulai dari penyampaian materi, pengumpulan tugas, hingga interaksi dengan dosen dan mahasiswa. Namun, hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pemanfaatan Aswaya belum sepenuhnya efektif dan masih belum memenuhi harapan manajemen. Kendala utama dialami pengguna terkait desain antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang dinilai kurang optimal, sehingga menurunkan kenyamanan serta motivasi dalam menggunakan platform tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, digunakan metodologi Design Thinking yang berfokus pada kebutuhan pengguna melalui pendekatan kreatif dan iteratif. Proses evaluasi dilakukan dengan pengujian prototipe menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ). Hasilnya, skor SUS pada iterasi pertama mencapai 75 dan nilai PSSUQ pada iterasi kedua sebesar 6. Temuan ini menunjukkan bahwa Aswaya telah memenuhi standar kegunaan yang baik, meskipun peningkatan pada kualitas informasi masih diperlukan.
Unduhan
Referensi
U. I. Negeri and R. Intan, “PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW KENI APRILIA SAPUTRI, BAHARUDIN, AGUS FAISAL ASYHA, SYAIFUL BAHRI, IDA FADIRATUL HASANAH, QONITA SHABIRA,” vol. 4, no. 4, [Online]. Available: https://jurnalp4i.com/index.php/learning
D. Supriatna et al., “Pengaruh E-Learning Sebagai Pengembangan Karir Terhadap Karyawan Generasi Milenial Di Bank Central Asia (BCA),” Oktober-Januari. [Online]. Available: http://bisnisman.nusaputra.ac.id
M. I. Alkhawaja, M. S. A. Halim, M. S. S. Abumandil, and A. S. Al-Adwan, “System Quality and Student’s Acceptance of the E-learning System: The Serial Mediation of Perceived Usefulness and Intention to Use,” Contemp Educ Technol, vol. 14, no. 2, 2022, doi: 10.30935/CEDTECH/11525.
Cita Tresnawati, Fitri Aryanti, and Lilis Suhaerah, “Flipped LearningDalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Fotosintesis Dimasa Pandemik Covid-19,” 2022.
M. M. Fakhri, D. D. Andayani, A. B. Kaswar, A. Zahra Adistia, and D. Fadhilatunisa, “Dampak Penerapan Flipped Classroom Terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 127–138, May 2023, doi: 10.21107/edutic.v9i2.18353.
D. Novianti, “REDESIGN USER INTERFACE WEBSITE UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4300.
U. U. Sufandi and D. A. Aprijani, “PENGUKURAN USABILITY APLIKASI WEB MENGGUNAKAN METODE PSSUQ (STUDY KASUS: APLIKASI SITTA UNIVERSITAS TERBUKA),” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 11, no. 2, pp. 249–256, Aug. 2022, doi: 10.23887/jstundiksha.v11i2.43534.
A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, Sep. 2022, doi: 10.20885/snati.v2i1.16.
A. F. Heristyanto, A. T. Garnadi, and A. H. Al-Hadid, “Analisis Kepuasan Pengguna Website E-Learning Nusa Mandiri Perihal UI/UX dengan Metode E-Service Quality,” remik, vol. 6, no. 4, pp. 729–737, Oct. 2022, doi: 10.33395/remik.v6i4.11819.
D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
D. Avriel, I. 1✉, B. Huda, S. S. Hilabi, and B. Priyatna, “Penerapan Desain UI/UX Pada Sistem Penjualan Berbasis Web Dengan Metode Desain Thingking,” 2024.
A. Ronny Julians and E. Sediyono, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI FORUM DISKUSI INFORMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2023.
A. A. Chairunnisa, S. Widodo, N. Wachid, A. Majid, and K. Kunci, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.”
S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, Jul. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
E. Kaban, K. Candra Brata, and A. Hendra Brata, “Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN),” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
R. A. Malik and M. R. Frimadani, “Lean UX: Applied PSSUQ to Evaluate Less-ON UI/UX Analysis and Design,” International Journal of Advances in Data and Information Systems, vol. 4, no. 1, pp. 73–85, Apr. 2023, doi: 10.25008/ijadis.v4i1.1263.
W. Riyadi and Kurniabudi, “Analisis Usability Aplikasi Belanjo Dengan PSSUQ Dan UMUX,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 240–251, Oct. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.2.811.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 afifah trista ayunda, Wahyu Tisno Atmojo, Erick Dazki , Masriah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.














