Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di SD Negeri 023896 Binjai Timur
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i2.54Kata Kunci:
Teknologi, pendidikan, platform digital, informasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran teknologi dalam mendukung proses belajar dan mengajar di dunia pendidikan khususnya pendidikan sekolah dasar dimasa pandemi sekarang. Objek penelitian dilakukan di SD Negeri 023896 dimana penulis bekerja. Penulis dalam hal ini melakukan metode kualitatif dalam mengukur penggunaan media teknologi informasi yang sering digunakan. Metode yang digunakan yaitu observasi langsung, dengan wawancara langsung ke guru yang mengajar di SD tersebut, melakukan survey dengan memberikan kuisioner melalui google form kepada siswa. Aplikasi yang umum digunakan yaitu whatssapp, google classroom, zoom, google meeting, skype, youtube live, gmail, LMS, edmodo. Dari nama-nama aplikasi tersebut dari hasil survey penulis kepada guru-guru yang mengajar di sekolah dasar tersebut didapat yaitu whatssapp, zoom dan google classroom. Kompetensi yang masih sangat kurang yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu menngelolah konten pembelajaran dalam bentuk video yang akan diaplikasikan ke youtube dan pengetahuan guru dalam pengelolahan web/blog untuk mendukung share informasi pengajaran yang lebih luas.
Unduhan
Referensi
Dewi, S. P., Dwi Ardianti, S., Muhammad, D., & Ahsin, N. (2021). Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6626
Dias Artama, A., Prima, F., Fita, M., & Untari, A. (n.d.). Analisis Evaluasi Proses Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp Kelas V SD Negeri Sukoagung (Vol. 5, Issue 2). DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1596
Nugraha, F., & Nurani, R. Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4037–4044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732 DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Suwartini, S., & Rofisian, N. (n.d.). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD DI KLATEN PADA MASA COVID 19 THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON THE LEARNING OUTCOMES OF SD STUDENTS IN KLATEN DURING COVID 19. In Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1).
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ruwaida Tanjung
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.