Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di SD Negeri 023896 Binjai Timur

Penulis

  • Ruwaida Tanjung SD Negeri 023896

DOI:

https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i2.54

Kata Kunci:

Teknologi, pendidikan, platform digital, informasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran teknologi dalam mendukung proses belajar dan mengajar di dunia pendidikan khususnya pendidikan sekolah dasar dimasa pandemi sekarang. Objek penelitian dilakukan di SD Negeri 023896 dimana penulis bekerja. Penulis dalam hal ini melakukan metode kualitatif dalam mengukur penggunaan media teknologi informasi yang sering digunakan. Metode yang digunakan yaitu observasi langsung, dengan wawancara langsung ke guru yang mengajar di SD tersebut, melakukan survey dengan memberikan kuisioner melalui google form kepada siswa. Aplikasi yang umum digunakan yaitu whatssapp, google classroom, zoom, google meeting, skype, youtube live, gmail, LMS, edmodo. Dari nama-nama aplikasi tersebut dari hasil survey penulis kepada guru-guru yang mengajar di sekolah dasar tersebut didapat yaitu whatssapp, zoom dan google classroom. Kompetensi yang masih sangat kurang yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu menngelolah konten pembelajaran dalam bentuk video yang akan diaplikasikan ke youtube dan pengetahuan guru dalam pengelolahan web/blog untuk mendukung share informasi pengajaran yang lebih luas.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, S. P., Dwi Ardianti, S., Muhammad, D., & Ahsin, N. (2021). Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6626

Dias Artama, A., Prima, F., Fita, M., & Untari, A. (n.d.). Analisis Evaluasi Proses Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp Kelas V SD Negeri Sukoagung (Vol. 5, Issue 2). DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i2.1596

Nugraha, F., & Nurani, R. Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4037–4044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732 DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Suwartini, S., & Rofisian, N. (n.d.). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD DI KLATEN PADA MASA COVID 19 THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON THE LEARNING OUTCOMES OF SD STUDENTS IN KLATEN DURING COVID 19. In Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1).

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2022

Cara Mengutip

Tanjung, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di SD Negeri 023896 Binjai Timur . Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 2(2), 107–111. https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i2.54