ANALISIS FITUR APLIKASI CINCAU STATION DENGAN METODE CUSTOMER KNOWLEDGE MANAGEMET (CKM)
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i2.76Kata Kunci:
Cincau Station, Customer Knowledge Management (CKM), Desain, Efektivitas, UI/UX, Aplikasi MobileAbstrak
Dalam era globalisasi, persaingan bisnis sangat ketat, terutama dalam industri makanan dan minuman. Cincau Station, yang awalnya hanya menyajikan es cincau dengan gula aren, telah berkembang menjadi variasi rasa dan dapat diakses melalui aplikasi mobile. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan dalam desain dan fitur yang dapat mempengaruhi minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Customer Knowledge Management (CKM) untuk menganalisis UI/UX aplikasi Cincau Station. CKM adalah pendekatan yang mempertimbangkan kebutuhan pelanggan untuk mengembangkan produk yang ideal. Tujuan CKM adalah untuk mencapai efektivitas dan daya saing merek. Penelitian ini membatasi analisis pada aspek isi dan komposisi aplikasi.
Unduhan
Referensi
I. A. Ong, “Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya,” J. Strateg. Pemasar., vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2013. DOI: https://doi.org/10.46821/benchmark.v2i1.217
Y. Sutanto and N. Widjiyati, “Analisis Efektifitas UI UX Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Pendekatan Customer Knowledge Management (CKM),” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 12, no. 2, pp. 367–375, 2023. DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i2.5139
I. S. Adhiwinaya, R. Andreswari, and S. F. S. Gumilang, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Manawa,” eProceedings Eng., vol. 7, no. 2, 2020.
H. Setiawan, E. Susilo, R. P. Kristianto, M. A. Firdaus, and D. Gunawan, “ANALISIS FITUR DENGAN METODE CUSTOMER KNOWLEDGE MANAGEMET (CKM) PADA SITUS KPU (KPU. GO. ID),” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, pp. 2–11, 2016.
A. Hasan, F. Nadhroh, and P. Fithri, “Usulan Customer Knowledge Management (CKM) Di Fitur Aplikasi Logistik di PT. X,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 27–34, 2021. DOI: https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v7i1.2021.27-34
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dionsius Reinaldo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.