PENGEMBANGAN E-KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEAMANAN JARINGAN MATERI KRIPTOGRAFI
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i2.90Kata Kunci:
Development, e-comicsAbstrak
Technology advances do not always have a positive effect on interest reading and learning student. From the facts that are often encountered, indicates that there are many students who do not like learning network security caused by several factors. Problems in this study is how the qualifications and the response of students to education media e-comics in cryptographic material. This study aimed to get a description of the qualifications e-comics and get response from the students to e-comics in the learning network security cryptographic material. This research method use a method of development research ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrument data sources using a questionnaire. validation of this research involve materials validator and media validator. The subjects were 25 students of Information Technology Education 2013 Unesa. The results showed appraisement of qualication from the validator is 84.5%. Thus e-Comics media can be said to be Very Well worth as a education learning of students.
Unduhan
Referensi
Arief S. Sadiman. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran Edisi revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Heru Dwi Waluyanto: “Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran”. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Jurnal: 2005.
I Made Tegeh.dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Munir. 2008. Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta
Pradana R. 2013. Pengembangan media pembelajaran biologi uji makanan menggunakan adobe flash professional CS 5, (UNY. Jurnal: 2013)
Rifki Sadikin. 2012. Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java. Yogyakarta : Andi
Sugiyono. 2010. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 admin admin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.