MENINGKATKAN KINERJA GURU: PERAN DISIPLIN KERJA DAN AKSESIBILITAS DI SMAN 4 MEDAN
Kata Kunci:
Kinerja Guru, Disiplin Kerja, AksesibilitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan aksesibilitas terhadap kinerja guru di SMAN 4 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru di SMAN 4 Medan yaitu sebanyak 49 orang dan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel, sehingga jumlah sampel penelitian berjumlah 49 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan korelasi 0,317 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan aksesibilitas secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan korelasi 0,048 dan nilai signifikansi 0,371 > 0,05. Disiplin kerja dan aksesibiltas secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Determinasi menunjukkan hasil sebesar 0,647 artinya disiplin kerja dan aksesibilitas memberi pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 64,7% dari seluruh faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru di SMAN 4 Medan.
Unduhan
Referensi
Achwarin, N.A. (2009). “The Study of Teacher Competence of Teachers At Schools In The Three Southern Provinces of Thailand”. AU Journal Assumption University of Thailand. 1, (1).
Ahmad, RK. (2009). “Relation of Leadership, Teachers Commitment, Teachers Competency, Best Practices to School Effectiveness”. Tersedia: http://www. academica.edu/528152 (4 Maret 2013).
Ainsworth, M. (2002). Managing Performance Managing People. Jakarta: Buana Ilmu Populer.
Akuoko, KO. (2012). “Motivation and Performance of Teachers in Selected Second Cycle Institutions in the Ejisu-Juaben Municipality, Ashanti Region, Ghana”. International Journal of Business and Management Tomorrow.
Bacal, R.(2005). Performance Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Bernardin dan Russel. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Diterjemahkan oleh: Bambang Sukoco. Bandung: PT Armico.
Darmilisani. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Medan: Tri Selaras Cendekia.
Dessler. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Prehallindo.
Fathurrohman. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama. Feigenbaum. (2010). Kendali Mutu Terpadu. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Greenberg, J. dan Baron, R.A. (2005). Behaviour in Organizations,. Understanding and Managing The Human Side of Work. Third Edition. Massachuscets: Allin and Bacon.
Hasibuan, H. A., & Andika, R. (2023). Karakteristik Budaya Organisasi Dan Hubungannya Dengan Kinerja Guru. Penerbit Tahta Media.
Malikhah, I., Wulandari, D. Y., & Nst, J. Y. (2023).” Analisis Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Dinas Tenaga Kerja Kota Binjai)”. NUSANTARA: Jurnal Ilmu
Pengetahuan Sosial, 10(1), 479-483.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.
Rangkuty, D. M., & Hidayat, M. (2021). “Does Foreign Debt have an Impact on Indonesia's Foreign Exchange Reserves?”. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 16(1), 85-93.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance employee performance for increase work motivation on Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
Rahman, N., Rizky, M. C., & Alfahmi, M. (2023). “Analysis of the influence of organizational culture, leadership style, and job satisfaction on employee performance at PT Kalfaz Sadhara”. Journal of Management Science (JMAS), 6(3), 576-584.
Rahayu, S. (2020). “The Effect of Transformational Leadership on Work Discipline and Employee Performance”. International Journal for Innovative Research in Multidisciplinary Field, 6(2), 250-253.
Setiawan, N., Taufik, A., Wakhyuni, E., Setiawan, A., Asih, S., Rahayu, S., Rossanty, Y. and Nasution, M.D.T.P., 2018. “The effect of organizational commitment, work climate and career development toward employee’s work morale at universitas pembangunan panca budi”. human resources, 2(15), p.16.
Subroto. (2012). “Analysis Influence Of Teacher Empowerment Performance Within Improving The Quality Of Education In Elementary School In Surabaya City”. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (JHSS). 4, (2), 37-46.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.