MENINGKATKAN KINERJA GURU: PERAN DISIPLIN KERJA DAN AKSESIBILITAS DI SMAN 4 MEDAN

Penulis

  • Darmilisani Universtas Pembangunan Panca Budi
  • Nuraini Kemalasari Istiqamah Universtas Pembangunan Panca Budi
  • Riska Fadhillah Hasibuan Universtas Pembangunan Panca Budi

Kata Kunci:

Kinerja Guru, Disiplin Kerja, Aksesibilitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan aksesibilitas terhadap kinerja guru di SMAN 4 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru di SMAN 4 Medan yaitu sebanyak 49 orang dan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel, sehingga jumlah sampel penelitian berjumlah 49 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan korelasi 0,317 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan aksesibilitas secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan korelasi 0,048 dan nilai signifikansi 0,371 > 0,05. Disiplin kerja dan aksesibiltas secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Determinasi menunjukkan hasil sebesar 0,647 artinya disiplin kerja dan aksesibilitas memberi pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 64,7% dari seluruh faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru di SMAN 4 Medan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achwarin, N.A. (2009). “The Study of Teacher Competence of Teachers At Schools In The Three Southern Provinces of Thailand”. AU Journal Assumption University of Thailand. 1, (1).

Ahmad, RK. (2009). “Relation of Leadership, Teachers Commitment, Teachers Competency, Best Practices to School Effectiveness”. Tersedia: http://www. academica.edu/528152 (4 Maret 2013).

Ainsworth, M. (2002). Managing Performance Managing People. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Akuoko, KO. (2012). “Motivation and Performance of Teachers in Selected Second Cycle Institutions in the Ejisu-Juaben Municipality, Ashanti Region, Ghana”. International Journal of Business and Management Tomorrow.

Bacal, R.(2005). Performance Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Bernardin dan Russel. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Diterjemahkan oleh: Bambang Sukoco. Bandung: PT Armico.

Darmilisani. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Medan: Tri Selaras Cendekia.

Dessler. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Prehallindo.

Fathurrohman. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama. Feigenbaum. (2010). Kendali Mutu Terpadu. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Greenberg, J. dan Baron, R.A. (2005). Behaviour in Organizations,. Understanding and Managing The Human Side of Work. Third Edition. Massachuscets: Allin and Bacon.

Hasibuan, H. A., & Andika, R. (2023). Karakteristik Budaya Organisasi Dan Hubungannya Dengan Kinerja Guru. Penerbit Tahta Media.

Malikhah, I., Wulandari, D. Y., & Nst, J. Y. (2023).” Analisis Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Dinas Tenaga Kerja Kota Binjai)”. NUSANTARA: Jurnal Ilmu

Pengetahuan Sosial, 10(1), 479-483.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.

Rangkuty, D. M., & Hidayat, M. (2021). “Does Foreign Debt have an Impact on Indonesia's Foreign Exchange Reserves?”. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 16(1), 85-93.

Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance employee performance for increase work motivation on Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Rahman, N., Rizky, M. C., & Alfahmi, M. (2023). “Analysis of the influence of organizational culture, leadership style, and job satisfaction on employee performance at PT Kalfaz Sadhara”. Journal of Management Science (JMAS), 6(3), 576-584.

Rahayu, S. (2020). “The Effect of Transformational Leadership on Work Discipline and Employee Performance”. International Journal for Innovative Research in Multidisciplinary Field, 6(2), 250-253.

Setiawan, N., Taufik, A., Wakhyuni, E., Setiawan, A., Asih, S., Rahayu, S., Rossanty, Y. and Nasution, M.D.T.P., 2018. “The effect of organizational commitment, work climate and career development toward employee’s work morale at universitas pembangunan panca budi”. human resources, 2(15), p.16.

Subroto. (2012). “Analysis Influence Of Teacher Empowerment Performance Within Improving The Quality Of Education In Elementary School In Surabaya City”. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (JHSS). 4, (2), 37-46.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024

Cara Mengutip

Darmilisani, Nuraini Kemalasari Istiqamah, & Riska Fadhillah Hasibuan. (2024). MENINGKATKAN KINERJA GURU: PERAN DISIPLIN KERJA DAN AKSESIBILITAS DI SMAN 4 MEDAN. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 4(4), 67–75. Diambil dari https://publikasi.hawari.id/index.php/jnastek/article/view/185

Terbitan

Bagian

Artikel