DESAIN DAN PEMBANGUNAN SISTEM DAN LAYANAN VIRTUAL PENJUALAN BERBASIS WEBSITE UNTUK TOKO SKINCARE FOUR BEAUTY
Kata Kunci:
Online Sales, E-commerce Website, Skincare, Four Beauty, Sales SystemAbstrak
As technology rapidly advances, many business sectors are shifting to digital platforms, including the skincare industry. The aim of this study is to design and develop an effective and efficient website-based sales system for the Four Beauty skincare store. This system is designed to provide convenience for customers shopping online, while also simplifying inventory and transaction management for the store operators. The development approach used for this system is the Agile software development model, supported by technologies such as PHP, HTML, CSS, JavaScript, and MySQL for database management. The outcome of this development is an integrated online store website featuring various functions, such as a product catalog, payment system, and management of transactions and customer data, all of which enhance the overall digital shopping experience for customers.
Unduhan
Referensi
Akbar, M. L., Usman, A., & Budiman, A. (2023). Rancang bangun desain UI/UX pada pembuatan startup aplikasi selfcare berbasis website. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 2(1), 158–172.
Business of Fashion. (2023). E-commerce trends in the beauty industry. Retrieved August 13, 2025, from https://www.businessoffashion.com/articles/technology/e-commerce-trends-in-the-beauty-industry
Dharmawansyah, V., & Haris, D. A. (2024). Model website e-commerce pada perusahaan distributor DRW skincare. JUTISI: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
Dinni, S. R., Wibawa, B. M., & Apriyansyah, B. R. (2021). Eksplorasi karakteristik segmentasi demografis dan perilaku berbelanja ibu rumah tangga melalui e-commerce di Indonesia. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2), D262–D268.
Erika, W. (2023). Rancang bangun web profil program studi perpajakan berbasis WordPress (Studi kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 3(3), 202–208.
Fransisca, M. C. (2023). Aplikasi penjualan skincare Somethinc CV Sukses Inti Prima berbasis web [Doctoral dissertation, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech].
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce 2021: Business, technology, and society. Pearson Education.
Nugroho, A. (2006). E-commerce: Pengantar dan aplikasinya dalam bisnis modern. Yogyakarta: Andi.
Pratiwi, S. (2023). Pengaruh media sosial dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang skincare Justmine Beauty (Studi kasus store PIN) [Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi].
Rambe, T. M. Pengaruh persepsi ease of use, usefulness, risiko dan kepercayaan terhadap minat pengguna sistem informasi berbasis e-commerce aplikasi Shopee (Studi kasus pada mahasiswa program studi akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan).
Sari, I. (2024). Tren produk skincare lokal di pasar global. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 13–19.
Savitri, I. D. (2024). Perancangan desain user interface penjualan katalog produk pada Arini Skincare Cepu berbasis website dengan pendekatan HCD.
Situngkir, A. H. (2023). Legal protection for consumers against the distribution of illegal cosmetics in online stores (e-commerce) in terms of Law of the Republic of Indonesia Number 17 of 2023 concerning health. Asian Journal of Healthcare Analytics, 2, 383–400.
The success of e-commerce in the beauty industry: A case study of Sephora. (2023). International Journal of Digital Marketing, 11(2), 15–29.
Tren dan perkembangan e-commerce di industri kecantikan. (2023). Jakarta: TechMarket Insights.
Zaman, N., et al. (2022). E-commerce website design: Development of a personalized web-based system. Journal of E-commerce Development, 15(4), 89–102.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.