Desain dan Pengembangan Aplikasi Penjualan Berbasis Website di Float Smoothies Shop Medan
Kata Kunci:
Website-based sales, e-commerce, information systems, business digitalizationAbstrak
The development of information technology drives digitalization in various sectors, including the culinary business. Medan Float Smoothies Store still uses a conventional sales system, which causes various obstacles in order recording, stock management, and financial reporting. Therefore, this study aims to design and develop a website-based sales system to improve operational efficiency. The research method used is Research and Development (R&D) with the Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall model approach. The results of the study show that the implementation of a PHP and MySQL-based system has succeeded in replacing manual processes, increasing transaction accuracy, and expanding market reach through online ordering features. With this system, customers can easily view products, make transactions, and get stock information in real time. The benefits of this study are increasing business efficiency, reducing transaction errors, and providing a more practical shopping experience for customers.
Unduhan
Referensi
Alviano, M., Trimarsiah, Y., & Suryanto. (2023). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Pada Perusahaan Dagang Dendis Production Menggunakan Php Dan Mysql. Jurnal Informatika Dan Komputer (Jik), 14(1), 37–44.
Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Apriliana Dewi, L. O., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi Digital dan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global dalam Dunia Perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.114
Febriyani, A., & Martanto, M. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Kebutuhan Pokok Berbasis Web Pada Toko Khansaa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 510–515. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6353
Hermansyah, H., Wijaya, R. F., & Wahyuni, S. (2024). Desain Aplikasi Cinta Mangrove Berbasis Mobile Di Desa Kota Pari Dengan Metode Waterfall. Senashtek 2024, 2(1), 42–48. https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/senashtek2/article/view/627
Khaliq, A., Arianti, C., Simanjuntak, C. A., & Harahap, DAP (2023). Perancangan Website Profil Program Studi Menggunakan Content Management System Wordpress sebuah website profil Program Studi menggunakan Content Management System Wordpress . Wordpress dipilih sebagai CMS karena popularitasnya sebagai platform yang mudah. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 3(3), 196–201.
Nazwa Alya Faradita, Warda Hamidah, dan Armansyah Armansyah. (2024). Desain Sistem Pengadaan Barang Inventaris dengan Pendekatan SDLC dan Waterfall. Jurnal Penelitian Sistem Informasi (Jpsi), 2(2), 39–50. https://doi.org/10.54066/jpsi.v2i2.1791
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pratama, M. A. N., Anwar, M., & Purwanti, I. (2024). KERIPIK SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PENDAMPINGAN DAN DIGITALISASI USAHA MIKRO KERIPIK SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING. 3(2).
Putra, R. R., Putra, E., & Handayani, S. (2023). Desain antarmuka pengguna untuk sistem informasi pengelompokan data warga dengan metode desain yang berpusat pada manusia. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri, 20(2), 523. https://doi.org/10.24014/sitekin.v20i2.21450
Rian Farta Wijaya. (2023). Pembuatan Mobile Learning untuk Ibu Mengenali dan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini Sulit Makan Menggunakan Metode Waterfall. Buletin Penelitian Ilmu Komputer, 3(5), 386–391. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v3i5.279
Rosidah, R., & Harefa, HY (2023). Penerapan E-Commerce Sebagai Media Transformasi Digital Di Kota Makassar. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 13(1), 414. https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9774
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118.
Supiyandi, S., Zen, M., Rizal, C., & Eka, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 274. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3986
Widiana, SA, Sintaro, S., Arundaa, R., Alfonsius, E., & Lapihu, D. (2022). Aplikasi Penjualan Baju Berbasis Web (E-Commerce) dengan Formulasi Penyusunan Kode. Jurnal Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Ilmu Komputer (ITSECS), 1(1), 35–43. https://doi.org/10.58602/itsecs.v1i1.11
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.