Implementasi Framework Flutter Pada Perancangan Forum Diskusi Future Sight Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v4i1.128Kata Kunci:
Flutter, PHP, Discussion Forum, Android, ForumAbstrak
The Future Sight app is an online discussion platform designed with kids in mind. Students can utilize this application's features to create discussion groups and media for teaching and learning processes without being constrained by time, space, or distance. Students can use the Android-based Future Sight application as a platform for textual and image-based discussions, the exchange of articles, the building of friendships around online discussion topics, and statistics. The application features features such as topic creation, article creation, search, statistics, following, and followers. The Extreme Programming (XP) method was used to create this application, which has phases for planning, designing, programming, and testing. The Dart programming language, the Flutter framework, an API (application programming interface) written with Visual Studio Code as a text editor, and a MySQL database as a data storage medium were used to create the Future Sight application. Using the black box approach, the experiment produced the anticipated outcomes in line with the study's goals.
Unduhan
Referensi
I. Handayani, E. Febriyanto and C. Y. Kristanti, “Peran Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran ILearning Plus Di Universitas Raharja”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 16, No. 2, pp 181-190, Juli 2019. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17859
J.Haryadi, “Pengaruh Metode Diskusi pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ilmu Kealaman Dasar ”, Journal Medan Resource Center, vol. 2, no. 1, pp. 7-11, Feb. 2022. DOI: https://doi.org/10.57251/el.v2i1.230
Y.Fitriani, R Pakpahan and A. Adriyanichsan,”Sisitem Informasi Forum Diskusi Online Antar Mahasiswa Pada Smartphone”, JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), Vol .4, No.4, pp. 92-101, Nov 2020
Mislinawati, L. Vitoria, I.Safiah and S.Darnius,”Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Forum Diskusi Online Di Jurusan PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala”, Jurnal Pesona Dasar PGSD Universitas Syiah Kuala, Vol.10, No. 1, pp 32-38, April 2022 DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v10i1.25990
J. Maylia Suhendro , M. Sudarma and D. C Khrisne, “Rancang Bangun Aplikasi Seluler Penyedia Jasa Perawatan Dan Kecantikan Menggunakan Framework Flutter”,Jurnal SPEKTRUM, Vol. 8, No.2, pp 68-82, Juni 2021 DOI: https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2021.v08.i02.p9
S.M Panjaitan, Hendri and R.Naibaho,”Perancangan Forum Diskusi Mahasiswa Berbasis Website (Studi Kasus Universitas Dinamika Bangsa Jambi)”,Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM) Vol 2, No 2, pp 276-284,September 2022. DOI: https://doi.org/10.33998/jakakom.2022.2.2.156
https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jakakom/article/view/156/111.
Muslim , R.P Sari and S. Rahmayud,”Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid (Studi Kasus: Masjid di Kota Pontianak”, Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No. 1, pp 46-59, Oktober 2022
Tashildar, A., Shah, N., Gala, R., Giri, T, and Chavhan, P.,”Application Development Using Flutter”, Internasional Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science @International Research Journal of Modernization in Engineering, Vol 2, No. 8, pp 1262-1266, August 2020
A. Y. Permana , P. Romadlon,” Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile , Vol 10, No 2, pp 153- 167, Desember 2019.
M. Prabowo,E. Kuswanto,”Metode Extreme Programming Dalam Pengembangan Aplikasi Legalisir Online Berbasis Web Service”,Jurnal Sistem Komputer, Vol.9, No.2, pp 115-122, Oktober 2020.DOI: 10.34010/komputika.v9i2.3247
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.