APLIKASI CHATBOT ONLINE UNTUK PEMESANAN TIKET BIOSKOP MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING
DOI:
https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i3.84Kata Kunci:
ReactJs, NLP, ChatbotAbstrak
Dalam era digital seperti saat ini, kebutuhan,kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai aspek kehidupan semakin meningkat. Salah satunya adalah pembelian tiket bioskop Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak aplikasi yang bermunculan dengan berbagai fitur dan layanan yang memudahkan pengguna dalam memesan tiket. Namun, dengan semakin banyaknya aplikasi pembelian tiket yang tersedia, pengguna seringkali mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. chatbot pada aplikasi pembelian tiket bioskop dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai tugas dan memperoleh informasi yang mereka butuhkan secara cepat dan mudah. Sebagian masyarakat masih melakukan pembelian tiket bioskop secara langsung di tempat, permasalahan yang dapat terjadi adalah konsumen harus antri dan memerlukan waktu yang lama. Untuk itu Natural language processing (NLP) diterapkan ke dalam chatbot supaya bisa berkomunikasi seperti halnya manusia. Selain chatting dengan bot, aplikasi ini dibangun agar memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan tiket bioskop. Aplikasi ini dibangun menggunakan Java Script dan ReactJS, serta dirancang menggunakan diagram UML. Metode pada penelitian ini adalah SDLC waterfall. Sistem ini dapat digunakan untuk memesan tiket bioskop melalui chatting dengan bot secara online dan real time.
Unduhan
Referensi
Hakim, M.A & Nurhayati, S, " Aplikasi Chatbot Midwify sebagai Media Pendukung
Pembelajaran Ilmu Kebidanan Berbasis Android di Stikes Bhakti Kencana Bandung ", Komputika – Jurnal Sistem Komputer, Vol.8, No. 1, pp. 45-52, 2019. DOI: https://doi.org/10.34010/komputika.v8i1.1630
D. S. Hormansyah & Y. P. Utama, “Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Ssistem Informasi Layanan Publik Kesehatan Di Malang Dengan Menggunakan Metode TF-IDF”, JIP, Vol. 4, No. 3, p. 224, 2018 DOI: https://doi.org/10.33795/jip.v4i3.211
Wangsanegara, N.K. & Subaeki, B.”Implementasi Natural Language Processing Dalam Pengukuran Ketepatan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Pada Abstrak Skripsi Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic”. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 8(2), pp. 1-6, 2015 DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v8i2.3185
Khoirunisa.R, Apriliyanto. E, Sandi, A. S., & Kusrini, “Penggunaan Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Media Informasi Pertanian”, IJAI-Indonesian Journal Of Applied Informatics, Vol.4, No. 2, pp 55-63, 2020 DOI: https://doi.org/10.20961/ijai.v4i2.38688
Aprilinda Y, Martavia T, Erlangga & Afandi, F. N, " Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android ", Expert- Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, Vol.12, No.1, pp. 27, 2022 DOI: https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2629
P. N. Struart Russel, Artificial Intelligence A Modern Approach, Third edit.,Vol. 56, No. 1. Pearson Education, Inc, 2010
K. D. Foote, “A Brief History of Natural Language Processing (NLP),” 2019
M. Dahiya, “A Tool of Conversation: Chatbot”, International Journal of Computer Sciences and Engineering, Vol. 5, No.1,pp 158-161, 2017
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M, Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika , 2018
Haviluddin, "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language)", Jurnal
Informatika Mulawarman, Vol 6, No. 1, pp. 1-15, 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Erlina, Rizky Gerry Pratama Simamora , Hasma Rasjid, Baby Lolita Basyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.