APLIKASI CHATBOT ONLINE UNTUK PEMESANAN TIKET BIOSKOP MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING

Penulis

  • Erlina Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
  • Rizky Gerry Pratama Simamora Universitas Gunadarma
  • Hasma Rasjid Universitas Gunadarma
  • Baby Lolita Basyah Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i3.84

Kata Kunci:

ReactJs, NLP, Chatbot

Abstrak

Dalam era digital seperti saat ini, kebutuhan,kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai aspek kehidupan semakin meningkat. Salah satunya adalah pembelian tiket bioskop Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak aplikasi  yang bermunculan dengan berbagai fitur dan layanan yang memudahkan pengguna dalam memesan tiket. Namun, dengan semakin banyaknya aplikasi pembelian tiket yang tersedia, pengguna seringkali mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. chatbot pada aplikasi pembelian tiket bioskop dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai tugas dan memperoleh informasi yang mereka butuhkan secara cepat dan mudah. Sebagian masyarakat masih melakukan pembelian tiket bioskop secara langsung di tempat, permasalahan yang dapat terjadi adalah konsumen harus antri dan memerlukan waktu yang lama. Untuk itu Natural language processing (NLP) diterapkan ke dalam chatbot supaya bisa berkomunikasi seperti halnya manusia. Selain chatting dengan bot, aplikasi ini dibangun agar memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan tiket bioskop. Aplikasi ini dibangun menggunakan Java Script dan ReactJS, serta dirancang menggunakan diagram UML. Metode pada penelitian ini adalah SDLC waterfall. Sistem ini dapat digunakan untuk memesan tiket bioskop melalui chatting dengan bot secara online dan real time.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hakim, M.A & Nurhayati, S, " Aplikasi Chatbot Midwify sebagai Media Pendukung

Pembelajaran Ilmu Kebidanan Berbasis Android di Stikes Bhakti Kencana Bandung ", Komputika – Jurnal Sistem Komputer, Vol.8, No. 1, pp. 45-52, 2019. DOI: https://doi.org/10.34010/komputika.v8i1.1630

D. S. Hormansyah & Y. P. Utama, “Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Ssistem Informasi Layanan Publik Kesehatan Di Malang Dengan Menggunakan Metode TF-IDF”, JIP, Vol. 4, No. 3, p. 224, 2018 DOI: https://doi.org/10.33795/jip.v4i3.211

Wangsanegara, N.K. & Subaeki, B.”Implementasi Natural Language Processing Dalam Pengukuran Ketepatan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Pada Abstrak Skripsi Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic”. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 8(2), pp. 1-6, 2015 DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v8i2.3185

Khoirunisa.R, Apriliyanto. E, Sandi, A. S., & Kusrini, “Penggunaan Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Media Informasi Pertanian”, IJAI-Indonesian Journal Of Applied Informatics, Vol.4, No. 2, pp 55-63, 2020 DOI: https://doi.org/10.20961/ijai.v4i2.38688

Aprilinda Y, Martavia T, Erlangga & Afandi, F. N, " Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android ", Expert- Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, Vol.12, No.1, pp. 27, 2022 DOI: https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2629

P. N. Struart Russel, Artificial Intelligence A Modern Approach, Third edit.,Vol. 56, No. 1. Pearson Education, Inc, 2010

K. D. Foote, “A Brief History of Natural Language Processing (NLP),” 2019

M. Dahiya, “A Tool of Conversation: Chatbot”, International Journal of Computer Sciences and Engineering, Vol. 5, No.1,pp 158-161, 2017

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M, Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika , 2018

Haviluddin, "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language)", Jurnal

Informatika Mulawarman, Vol 6, No. 1, pp. 1-15, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

24-06-2023

Cara Mengutip

Erlina, Pratama Simamora , R. G., Rasjid, H., & Basyah, B. L. (2023). APLIKASI CHATBOT ONLINE UNTUK PEMESANAN TIKET BIOSKOP MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING . Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 3(3), 127–141. https://doi.org/10.61306/jnastek.v3i3.84

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama