Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile Pada Umkm Angkringan Berkah Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
Aplikasi mobile, Design Thinking, digitalisasi UMKM, pengalaman pengguna, UI/UXAbstrak
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor, termasuk industri kuliner dan UMKM. UMKM Angkringan Berkah menghadapi tantangan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan daya saingnya melalui penerapan teknologi berbasis mobile. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi penjualan makanan berbasis mobile dengan pendekatan Design Thinking guna meningkatkan pengalaman pengguna dan efektivitas transaksi digital. Metode Design Thinking diterapkan melalui tahapan empati, definisi masalah, ideasi, pembuatan prototipe, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain UI/UX yang dikembangkan berhasil meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi, mempercepat proses pemesanan, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengujian usability menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dari pengguna dalam navigasi dan interaksi dengan aplikasi. Perbandingan dengan penelitian sebelumnya mengonfirmasi efektivitas metode Design Thinking dalam menciptakan desain yang lebih intuitif dan ramah pengguna. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan dalam fitur tambahan, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam digitalisasi UMKM kuliner. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembang aplikasi serupa dalam meningkatkan aspek usability dan fungsionalitas di masa depan.
Unduhan
Referensi
Putri, R. E., & Karim, A. (2021). Perancangan aplikasi penjualan sepeda motor pada PT. Adira Finance Rantauprapat dengan menggunakan PHP dan MySQL. Informatika, 9(1), 32-39.
Surachman, C. S., Andriyanto, M. R., Rahmawati, C., & Sukmasetya, P. (2022). Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang. in. TeIKa, 12(02), 157-169.
Yudistira, I., Hermansyah, H., & Wulandari, H. (2024). Perancangan UI/UX Sistem Pemesanan Produk di PT. Total Karya Berkah Menggunakan Metode User-Centered Design. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2592-2603..
Wardana, F. C., & Prismana, I. G. L. P. E. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(4), 1-11.
Mesra, B., Wahyuni, S., Sari, M. M., & Pane, D. N. (2021). E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga Di Desa Klambir Lima Kebun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 115-120.
Narizki, M. J., Widyanto, R. A., & Prabowo, N. A. (2023). Perancangan UI/UX sistem penerimaan mahasiswa baru berbasis perangkat mobile dengan metode Design Thinking. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1127-1135.
Mubiarto, D. S., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi" BCA Mobile" Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal Teknik Komputer, 1(4), 209-216.
Sufandi, U. U., Trihapningsari, D., & Mellysa, W. (2022). Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic literature review. Techno. Com, 21(3), 411-433.
Ravelino, C., & Susetyo, Y. A. (2023). Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Bank Jago menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 7(1), 121-129.
Tasril, V., Prayoga, J., & Jayusman, S. F. (2022). USER INTERFACE DAN UJI USABILITY MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMAN-CENTERED DESIGN UNTUK SISTEM AKUNTANSI PENDATAAN KAS BERBASIS WEB. Warta Dharmawangsa, 16(3), 371-382.
Nugroho, D. P., & Sari, R. (2023). Analisis UI/UX menggunakan Metode User Centered-Design Pada Aplikasi TSP Mobile. Jurnal Infortech, 5(2), 161-167.
Ansori, S., Hendradi, P., Nugroho, S., Mayjen Bambang Soegeng, J., Mertoyudan, K., Magelang, K., & Tengah, J. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072-1081. [13] Rizkhullah, M. A., & Voutama, A. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Untuk Pembelajaran Adaptif Public Speaking Dengan Metode User Centered Design. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(2).
Tasril, V., Zen, M., Fitriani, E. S., & Putra, A. D. (2023). Desain UI/UX Prototipe Pembelajaran Berbasis Game Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode HCD. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 1-8.
Pratama, M. O. D., & Suwarni, S. (2022). Pengembangan Prototipe Desain User Interface & User Experience (UI/UX) Pada Aplikasi OSS URINDO Menggunakan FIGMA. Jurnal Teknologi Informasi, 8(2), 155-166.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.