Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Penjualan Kue dan Roti Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Ghonim Kue)

Penulis

  • Nayaka Fajrina Soraya Rangkuti Universtas Pembangunan Panca Budi
  • Heni Wulandari Universtas Pembangunan Panca Budi
  • Randi Rian Putra Universtas Pembangunan Panca Budi

Kata Kunci:

UI/UX, Design Thinking, Mobile Applications, MSME, Figma

Abstrak

MSMEs are the backbone of the national economy, but many have yet to adapt to digital technology. MSMEs “Ghonim Kue” face challenges in reaching a wide range of customers because they still rely on conventional sales systems. This research aims to design the user interface (UI) and user experience (UX) of Ghonim Kue mobile application using the Design Thinking method. With several processes in it, among others, empathize, define, ideate, prototype, and testing are processes in implementing the design thinking method. The creation of this application uses Figma software as a mobile display designer and is tested using the System Usability Scale (SUS). The test results of 26 users showed a SUS score of 66.15 which is included in the “Adjective scale Good and Accepbility Marginal High” category. This design is expected to be a digital solution that can increase the competitiveness of Ghonim Kue MSMEs in the era of digital transformation.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Zazhemi, N., & Marcos, H. (2025). Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI / UX Aplikasi GhosyDonat dalam Meningkatkan Keterlibatan Pengguna JURNAL MEDIA INFORMATIKA [ JUMIN ], 6(2), 1380–1387.

Rahayu, W. I., & Shafina, M. R. (2022). Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem Untuk Pengukuran Usability Dengan Menerapkan Metode Use Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 2022.

Aziz, F., Saputri, D. U. E., Khasanah, N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan). Jurnal Infortech, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15156

Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, Heryana, N., Voutama, A., & Siska. (2023). Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Fasilkom, 13(02), 121–131. https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5265

Kurniawan, G., Adnan, F., & Putra, J. A. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi E-Commerce Kain Batik pada UMKM Rezti’s Batik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(3), 551–560. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231036733

Muhammad Fajar Ahadi, & Arif Amrulloh. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan Aplikasi Pemesanan Galon. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 291–306. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.907

Randi Rian Putra, F. K. (2024). Desain User Interface Sistem Informasi Digital Dalam Menigkatkan UMKM Desa. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 33¬-40.

Wulandari, H., Rosida, S., Teknologi, S., Komputer, S., Pembangunan, U., & Budi, P. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Penjualan Cake dan Bakery Napoleon, 573–579.

Rani Puspita, & Rina Astriani. (2023). Perancangan Design Ui/Ux Pada Website Toko Mister Shop Id Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknik Dan Science, 2(3), 35–46. https://doi.org/10.56127/jts.v2i3.1047

Fajar Nadillah, M., & Voutama, A. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2663–2671. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9544

Alif, S., Nasution, P., Wulandari, H., & Arista, R. D. (2024). Perancangan UI / UX Aplikasi Moblie Pertolongan Pertama Dengan Metode Prototipe Interaksi Untuk Meningkatkan Respon Darurat, 5(1), 14–23. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i1.432

BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH Perancangan UI / UX Aplikasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemesanan Jasa Fotografi Terhadap Maka Studio Menggunakan Metode Design Thinking, 5(2), 150–160. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i2.426

Masruroh Syah, L., Faqihuddin Hanif, I., Novianti, E., Saidatuzzahra, P., Khoirunnisa, & Rahmawati, H. (2024). Penerapan Prinsip Design Thinking pada UI/UX Aplikasi Mobile Renas Fashion. Jurnal Informatika Polinema, 10(4), 463–470. https://doi.org/10.33795/jip.v10i4.5232

Unduhan

Diterbitkan

10-06-2025

Cara Mengutip

Nayaka Fajrina Soraya Rangkuti, Heni Wulandari, & Randi Rian Putra. (2025). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Penjualan Kue dan Roti Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Ghonim Kue). Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 5(3), 236–247. Diambil dari https://publikasi.hawari.id/index.php/jnastek/article/view/209

Terbitan

Bagian

Artikel