Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Penjualan Kue dan Roti Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Ghonim Kue)
Kata Kunci:
UI/UX, Design Thinking, Mobile Applications, MSME, FigmaAbstrak
MSMEs are the backbone of the national economy, but many have yet to adapt to digital technology. MSMEs “Ghonim Kue” face challenges in reaching a wide range of customers because they still rely on conventional sales systems. This research aims to design the user interface (UI) and user experience (UX) of Ghonim Kue mobile application using the Design Thinking method. With several processes in it, among others, empathize, define, ideate, prototype, and testing are processes in implementing the design thinking method. The creation of this application uses Figma software as a mobile display designer and is tested using the System Usability Scale (SUS). The test results of 26 users showed a SUS score of 66.15 which is included in the “Adjective scale Good and Accepbility Marginal High” category. This design is expected to be a digital solution that can increase the competitiveness of Ghonim Kue MSMEs in the era of digital transformation.
Unduhan
Referensi
Zazhemi, N., & Marcos, H. (2025). Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI / UX Aplikasi GhosyDonat dalam Meningkatkan Keterlibatan Pengguna JURNAL MEDIA INFORMATIKA [ JUMIN ], 6(2), 1380–1387.
Rahayu, W. I., & Shafina, M. R. (2022). Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem Untuk Pengukuran Usability Dengan Menerapkan Metode Use Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 2022.
Aziz, F., Saputri, D. U. E., Khasanah, N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan). Jurnal Infortech, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15156
Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, Heryana, N., Voutama, A., & Siska. (2023). Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Fasilkom, 13(02), 121–131. https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5265
Kurniawan, G., Adnan, F., & Putra, J. A. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi E-Commerce Kain Batik pada UMKM Rezti’s Batik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(3), 551–560. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231036733
Muhammad Fajar Ahadi, & Arif Amrulloh. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan Aplikasi Pemesanan Galon. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 291–306. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.907
Randi Rian Putra, F. K. (2024). Desain User Interface Sistem Informasi Digital Dalam Menigkatkan UMKM Desa. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 33¬-40.
Wulandari, H., Rosida, S., Teknologi, S., Komputer, S., Pembangunan, U., & Budi, P. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Penjualan Cake dan Bakery Napoleon, 573–579.
Rani Puspita, & Rina Astriani. (2023). Perancangan Design Ui/Ux Pada Website Toko Mister Shop Id Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknik Dan Science, 2(3), 35–46. https://doi.org/10.56127/jts.v2i3.1047
Fajar Nadillah, M., & Voutama, A. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2663–2671. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9544
Alif, S., Nasution, P., Wulandari, H., & Arista, R. D. (2024). Perancangan UI / UX Aplikasi Moblie Pertolongan Pertama Dengan Metode Prototipe Interaksi Untuk Meningkatkan Respon Darurat, 5(1), 14–23. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i1.432
BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH Perancangan UI / UX Aplikasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemesanan Jasa Fotografi Terhadap Maka Studio Menggunakan Metode Design Thinking, 5(2), 150–160. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i2.426
Masruroh Syah, L., Faqihuddin Hanif, I., Novianti, E., Saidatuzzahra, P., Khoirunnisa, & Rahmawati, H. (2024). Penerapan Prinsip Design Thinking pada UI/UX Aplikasi Mobile Renas Fashion. Jurnal Informatika Polinema, 10(4), 463–470. https://doi.org/10.33795/jip.v10i4.5232
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.