Perancangan Ui/Ux Website Promosi Dan Penjualan Di Maripro Photo Studio Dengan Menggunakan Metode Human Centered Desain
Kata Kunci:
desain antarmuka pengguna, digital marketing, human centered design, industri kreatif, pengalaman penggunaAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong setiap sektor untuk memanfaatkan informasi secara cepat, tepat, dan akurat. Dalam industri jasa kreatif, pemanfaatan teknologi informasi seperti website menjadi strategi penting untuk meningkatkan promosi dan penjualan. Maripro Photo Studio, sebagai pelaku usaha fotografi lokal di Medan, masih terbatas dalam pemasaran digital karena hanya mengandalkan WhatsApp dan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) website promosi dan penjualan berbasis pendekatan Human Centered Design (HCD). Metode ini terdiri dari lima tahapan, yaitu observasi, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian, yang difokuskan pada kebutuhan dan kenyamanan pengguna akhir. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pihak studio, serta studi literatur terkait desain UI/UX dan digital marketing. Hasil dari proses perancangan menunjukkan bahwa website yang dibangun memiliki tampilan menarik, navigasi yang mudah, dan mampu menyampaikan informasi secara efektif. Evaluasi melalui usability testing terhadap pengguna menunjukkan skor rata-rata yang tinggi pada aspek kemudahan penggunaan, estetika, aksesibilitas, dan kepuasan pengguna. Kesimpulannya, website ini dapat menjadi solusi digital yang meningkatkan jangkauan pemasaran dan kualitas layanan Maripro Photo Studio. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat dijadikan acuan dalam pengembangan sistem serupa pada sektor industri kreatif lainnya.
Unduhan
Referensi
Putri, R. E., & Karim, A. (2021). Perancangan aplikasi penjualan sepeda motor pada PT. Adira Finance Rantauprapat dengan menggunakan PHP dan MySQL. Informatika, 9(1), 32-39.
Pratama, W. S. A., & Indriyanti, A. D. (2023). Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 4(1), 50-61.
Ernawati, A., Sitorus, Z., Wijaya, R. F., Aulia, A., Siregar, A. R. Y., & Sofyan, S. N. (2024). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Dalam Pembelajaran Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Rumah Tik Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 4(1), 5-9..
Elwarbi, K. (2023). RANCANG BANGUN FRONTEND WEBSITE DI KLINIK PRATAMA MONHAL PERSADA DENGAN METODE ATOMIK DESAIN (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Indonesia).
Ningrum, K. D. M. (2024). Rancang Bangun Rekontruksi dan Implementasi UI/UX pada Sistem Penjualan Berbasis Web di CV. Ikapeksi Agro Industri Menggunakan Metode Human-Centered Design.
Wibisono, Y. A. (2024). PERANCANGAN ULANG UI/UX DESAIN WEBSITE AESIA DENGAN METODE DESIGN THINKING. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(4), 1921-1939.
Hermansyah, H., Wijaya, R. F., Wahyuni, S., & Putra, A. D. (2025). PENERAPAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) DALAM PEMBUATAN APLIKASI MOBILE EDUKASI LINGKUNGAN “CINTA MANGROVE”. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 7(4), 2198-2208.
Sufandi, U. U., Trihapningsari, D., & Mellysa, W. (2022). Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic literature review. Techno. Com, 21(3), 411-433.
Ansori, S., Hendradi, P., Nugroho, S., Mayjen Bambang Soegeng, J., Mertoyudan, K., Magelang, K., & Tengah, J. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072-1081.
Widoseno, D., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Perancangan Ui/Ux Berbasis Website Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Taruna Karya 1 Karawang. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1401-1409.
Julians, A. R., Sediyono, E., & Hendry, H. (2023). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Forum Diskusi Informatika Berbasis Web Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Mnemonic, 6(1), 20-27.
Hardinata, R. S., Sulistianingsih, I., Wijaya, R. F., & Rahma, A. M. (2022). Perancangan sistem informasi pelayanan rekam medis menggunakan metode design thinking (studi kasus: Puskesmas Simeulue Tengah). INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5(2), 112-118.
Hermansyah, H., Wijaya, R. F., & Wahyuni, S. (2024). Desain Aplikasi Cinta Mangrove Berbasis Mobile Di Desa Kota Pari Dengan Metode Waterfall. Senashtek 2024, 2(1), 42-48.
Rizkhullah, M. A., & Voutama, A. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Untuk Pembelajaran Adaptif Public Speaking Dengan Metode User Centered Design. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(2).
Hendra, H., & Riti, Y. F. (2023). Perancangan dan implementasi website dengan konsep UI/UX untuk mengoptimalkan marketing perusahaan. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.