PERANCANGAN SISTEM PEMESANAN ONLINE UNTUK USAHA KALUNA BERBASIS WEB DESIGN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Kata Kunci:
Design, Ordering system, Design thinkingAbstrak
Kaluna is a product of a MSME operating in the contemporary beverage industry, specifically bubble tea or boba-based drinks. This business offers a variety of flavors, such as taro, cookies 'n' cream, matcha, strawberry biscotis, purple crumb, silverqueen, lava milo, apple tea, and others. The diverse menu and flavors offered make boba drinks consistently appealing to consumers. This research used UI/UX methods with a design thinking approach, encompassing five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. Data was collected through observation and questionnaires with app users to explore their needs, concerns, and preferences. The design results showed that the web application prototype was able to effectively display the decoration catalog, simplify the ordering process, and facilitate customer service confirmation.
Unduhan
Referensi
Falani, “Perancangan Basis Data ” , Fakultas Ilmu Kompute r Universitas Narotama, Surabaya, 2010
Alif, Syahdin, Perdana Nasution, Heni Wulandari, and Ruly Dwi Arista. 2024. “Perancangan UI / UX Aplikasi Moblie Pertolongan Pertama Dengan Metode Prototipe Interaksi Untuk Meningkatkan Respon Darurat.” 5(1): 14 23.
Lastiansah, Sena. (2012). Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo.
Satzinger, et all. 2010, System Analysis and Design with the Unified Process. USA: Course Technology, Cengage Learning.
Kurniawan, R., & Budi, M. (2022). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 2–7.
Nuh, M. (2022). Penyuluhan Mengelola Website Sebagai Media Publikasi, Komunikasi Dan Informasi Pada Pesantren Hidayatullah Jonggol. Jurnal Pedes - Pengabdian Bidang, 2, 110–117. https://journal.interstudi.edu/index.php/jurnalpedes/article/view/1646/282
Shirvanadi, E. C. (2021). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Perancangan Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center), 8. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156
Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 17–31. https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2
Yahya, S. M., Amalia, R., & Puspita, F. (2021). Perancangan Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Dekstop Pada Steam Cafe. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS, 988–992.
Zaki, A., & Sukoco, I. (2019). PENGGUNAAN DESIGN THINKING PADA PERUSAHAAN KONSULTAN INDIE LABTEK BANDUNG. AdBispreneur, 3(2), 123. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i2.18469
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HAK CIPTA
Hak cipta atas artikel apapun pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) dipegang penuh oleh penulisnya dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License - CC BY-SA.
2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK).
LISENSI
Jurnal Nasional Teknologi Komputer (JNASTEK) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.