PERANCANGAN SISTEM PEMESANAN ONLINE UNTUK USAHA KALUNA BERBASIS WEB DESIGN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Penulis

  • Atthia Rizki Wisista Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ruly Dwi Arista Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hermansyah Universitas Pembangunan Panca Budi

Kata Kunci:

Design, Ordering system, Design thinking

Abstrak

Kaluna is a product of a MSME operating in the contemporary beverage industry, specifically bubble tea or boba-based drinks. This business offers a variety of flavors, such as taro, cookies 'n' cream, matcha, strawberry biscotis, purple crumb, silverqueen, lava milo, apple tea, and others. The diverse menu and flavors offered make boba drinks consistently appealing to consumers. This research used UI/UX methods with a design thinking approach, encompassing five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. Data was collected through observation and questionnaires with app users to explore their needs, concerns, and preferences. The design results showed that the web application prototype was able to effectively display the decoration catalog, simplify the ordering process, and facilitate customer service confirmation.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Falani, “Perancangan Basis Data ” , Fakultas Ilmu Kompute r Universitas Narotama, Surabaya, 2010

Alif, Syahdin, Perdana Nasution, Heni Wulandari, and Ruly Dwi Arista. 2024. “Perancangan UI / UX Aplikasi Moblie Pertolongan Pertama Dengan Metode Prototipe Interaksi Untuk Meningkatkan Respon Darurat.” 5(1): 14 23.

Lastiansah, Sena. (2012). Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo.

Satzinger, et all. 2010, System Analysis and Design with the Unified Process. USA: Course Technology, Cengage Learning.

Kurniawan, R., & Budi, M. (2022). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 2–7.

Nuh, M. (2022). Penyuluhan Mengelola Website Sebagai Media Publikasi, Komunikasi Dan Informasi Pada Pesantren Hidayatullah Jonggol. Jurnal Pedes - Pengabdian Bidang, 2, 110–117. https://journal.interstudi.edu/index.php/jurnalpedes/article/view/1646/282

Shirvanadi, E. C. (2021). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Perancangan Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center), 8. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 17–31. https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2

Yahya, S. M., Amalia, R., & Puspita, F. (2021). Perancangan Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Dekstop Pada Steam Cafe. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS, 988–992.

Zaki, A., & Sukoco, I. (2019). PENGGUNAAN DESIGN THINKING PADA PERUSAHAAN KONSULTAN INDIE LABTEK BANDUNG. AdBispreneur, 3(2), 123. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i2.18469

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025

Cara Mengutip

Atthia Rizki Wisista, Ruly Dwi Arista, & Hermansyah. (2025). PERANCANGAN SISTEM PEMESANAN ONLINE UNTUK USAHA KALUNA BERBASIS WEB DESIGN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 5(3), 964–972. Diambil dari https://publikasi.hawari.id/index.php/jnastek/article/view/298

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama